Logo Olimpiade Tokyo 2020 (Twiiter/Tokyo2020)
Logo Olimpiade Tokyo 2020 (Twiiter/Tokyo2020)

BWF Buat Aturan Baru untuk Kualifikasi Olimpiade

Olahraga bulu tangkis
Rendy Renuki H • 29 Mei 2020 17:15
Jakarta: Federasi bulu tangkis dunia (BWF) membuat aturan baru untuk Kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020. Perubahan aturan itu imbas dari tertundanya sejumlah turnamen akibat pandemi korona.
 
Melansir situs resminya, BWF akan memulai Kualifikasi Olimpiade awal 2021. Kualifikasi akan berlangsung sejak pekan pertama tahun depan hingga pekan ke-17.
 
Artinya, para pebulu tangkis baru bisa mengumpulkan poin Kualifikasi mulai 2021. Poin di sisa turnamen yang dijadwalkan ulang tahun ini tidak akan masuk perhitungan kualifikasi.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami merasa ini solusi yang adil untuk seluruh atlet dan akan menjadi prioritas utama kami untuk melanjutkan turnamen," kata Sekretaris Jenderal BWF, Thomas Lund.
 
"Walau kami melanjutkan turnamen internasional pada akhir 2020, kami memutuskan untuk melanjutkan proses Kualifikasi Olimpiade dan Paralimpiade pada 2021," sambungnya.
 
Namun, BWF tetap mempertahankan poin dan peringkat pebulu tangkis selama periode Kualifikasi sebelumnya. Saat ini BWF masih mencari solusi membuka kembali peringkat dunia yang sedang dibekukan.
 
Agar menghindari penurunan poin dari turnamen sebelumnya. BWF pun sedang mempertimbangkan prosedur baru menjadi tuan rumah turnamen dengan prosedur yang aman.
 
Selain itu, BWF juga membuat kebijakan pemberian poin kepada pebulu tangkis Tiongkok dan Hong Kong. Poin diberikan kepada kedua wakil negara tersebut di Badminton Asia Team Championship 2020.
Pasalnya mereka tidak berpartisipasi karena kebijakan pembatasan perjalanan dari Filipina selaku tuan rumah.
 
Aturan baru BWF itu pun telah mendapatkan persetujuan Komite Olimpiade Dunia (IOC) dan Komite Paralimpiade Dunia (IPC).
 

(RIZ)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif