Tim Bulu Tangkis Jawa Tengah merayakan gelar juara Piala Presiden 2022. (Foto: Istimewa)
Tim Bulu Tangkis Jawa Tengah merayakan gelar juara Piala Presiden 2022. (Foto: Istimewa)

Pebulu Tangkis PB Djarum Bantu Jateng Menjuarai Piala Presiden 2022

Kautsar Halim • 08 Agustus 2022 22:02
Jakarta: Kontingen Jawa Tengah (Jateng) sukses meraih titel juara umum kejuaraan bulu tangkis Piala Presiden 2022 yang berlangsung di GOR Nanggala, Cijantung, Jakarta. Mereka memboyong sembilan gelar yang seluruhnya berasal dari atlet-atlet muda PB Djarum.
 
Aroma kemenangan sejatinya sudah tercium sejak babak semifinal yang didominasi oleh skuad atlet Jawa Tengah. Di fase ini pula, tim kuat seperti Jawa Barat dan Jawa Timur tidak berhasil mengirimkan atletnya.
 
Selepas laga puncak, tim Jawa Tengah memastikan diri sebagai juara umum dengan koleksi 26 medali, yakni 9 emas, 7 perak dan 12 perunggu. Sementara itu, DKI Jakarta mengekor sebagai runner-up dengan raihan 1 medali emas, 4 medali perak dan 8 medali perunggu. Lalu, disusul Sumatera Utara di posisi ketiga dengan 1 medali emas, sedangkan Banten berada di posisi keempat dengan raihan 2 perunggu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemberian trofi  Piala Presiden diserahkan langsung oleh Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto yang mewakili Presiden RI Joko Widodo, kepada Ketua Pengprov PBSI Jawa Tengah, Basri Yusuf. Presiden Jokowi berhalangan hadir karena harus menutup pesta olahraga ASEAN Para Games 2022 di Solo, Jawa Tengah. Selain mendapatkan piala, tim Jawa Tengah juga mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar 250 juta rupiah.
 
Dalam sambutannya, Prabowo turut mengakui kehebatan atlet-atlet muda Jawa Tengah yang sukses meraih gelar juara umum. Ia juga mengatakan, olahraga khususnya bulutangkis harus terus dibina dan dikembangkan dengan baik sehingga bisa mengharumkan nama bangsa dalam persaingan di level dunia.
 
“Olahraga adalah bagian penting dalam pembangunan bangsa, kalau rakyatnya kuat, bangsanya kuat. Kalau rakyatnya lemah, bangsanya lemah. Karena itu olahraga adalah salah satu tolak ukur pembangunan suatu bangsa. Dari kejuaraan ini, kita harapkan tiga sampai empat tahun yang akan datang akan mewakili Indonesia di kejuaraan-kejuaraan tingkat dunia.  Dan dalam kejuaraan ini dari 30 provinsi dan seperti yang kita tahu bersama Jawa Tengah keluar sebagai juara umum,” kata Prabowo.
 
Ketua Pengurus Provinsi PBSI Jawa Tengah, Basri Yusuf, memuji perjuangan para atlet muda di atas lapangan yang berhasil membawa tim Jawa Tengah ke podium tertinggi dan menjadi juara umum. Pada Piala Presiden 2022 ini, kontingen Jawa Tengah mengirimkan 66 atlet yang terdiri dari 55 atlet PB Djarum, 7 atlet Jaya Raya Solo, 3 atlet PMS Solo dan 1 atlet Tri Star Karanganyar. 
 
“Pengprov PBSI Jawa Tengah berterimakasih kepada klub-klub yang telah menerjunkan atletnya dalam turnamen ini, terutama kepada PB Djarum dan Jaya Raya Solo yang telah menyumbangkan gelar juara,” tutur Basri.
 
Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa kemenangan para atlet muda di ajang Piala Presiden 2022 merupakan lecutan untuk berprestasi di ajang yang lebih tinggi lagi. Untuk itu, pembinaan atlet usia dini harus terus menerus dilakukan demi mengasah kemampuan, mental serta potensi para pebulutangkis muda.
 
“Kemenangan Jawa Tengah di Piala Presiden edisi perdana ini saya harapkan dapat menjadi tolak ukur agar tim Jawa Tengah bisa memenangkan turnamen lainnya. Ini adalah awal yang baik, tapi jangan cepat puas. Para atlet harus terus mengasah diri sehingga kelak bisa menjadi aset yang mengharumkan nama bangsa di kancah dunia,” ujar Basri.
 
Sementara itu, Ketua PB Djarum Yoppy Rosimin menyatakan kemenangan yang dipersembahkan atletnya bagi kontingen Jawa Tengah di Piala Presiden 2022 merupakan buah manis dari pembinaan atlet usia dini yang selama ini telah berjalan. Pembinaan sejak dini tersebut, kata Yoppy, merupakan aspek fundamental dan sangat penting dalam skema piramida prestasi atlet.
 
"Turnamen Piala Presiden 2022 ini memang menjadi ajang bagi para atlet yang telah kami bina untuk menunjukkan kemampuan mereka di atas lapangan. Dan ternyata, mereka menjawabnya dengan prestasi. Tak hanya jadi juara umum, tapi kami juga melampaui target yang semula mengincar enam gelar juara, tapi berhasil membawa pulang sembilan gelar. Meski begitu tetap ada evaluasi yang harus dilakukan. Terutama untuk sektor tunggal putri," ungkap Yoppy. 
 
Berikut nama-nama atlet Jawa Tengah peraih medali emas di Piala Presiden 2022:
 
TAPA U13 : Alif M. Akbar
TAPI U13 : Aqelatul Amaliyah Rahma
TPA U15 : Radithya Bayu Wardana
GPA U15 : Muhammad Rizki Mubarrok/Raihan Daffa Edsel
GPI U15 : Jolin Angelia/Shaafiya Yasmin Maitsaa
TRA U17 : Moh. Zaki Ubaidillah
GRA U17 : Dapa Lesmana/Pulung Ramadhan
GRI U17 : Bernadine Anindya Wardana/Titis Maulida Rahma
GRC U17 : Darren Aurelius/Titis Maulida Rahma
 
(KAH)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif