Marcus/Kevin-Foto Istimewa
Marcus/Kevin-Foto Istimewa

Empat Negara dengan Gelar Terbanyak di Indonesia Masters

rizkiyanuardi • 18 November 2021 08:53
Sejak diselenggarakan kali pertama tahun 2010 di Samarinda, Kalimantan Timur, turnamen Indonesia Masters kini memasuki edisi ke 11. Turnamen yang digelar di Nusa Dua Bali, akan berturut-turut diselenggarakan bersama dua turnamen bulu tangkis lainnya (Indonesia Open dan BWF World tour Finals). Bertajuk Indonesia Badminton Festival 2021, gelaran dimulai sejak 16 November hingga 5 Desember 2021.
 
Di edisi ke 11 ini, tak ada keikutsertaan pebulu tangkis dari Tiongkok. Negara Tirai Bambu itu memutuskan mundur dari semua turnamen yang diadakan tahun 2021, kecuali di ajang Olimpiade Tokyo 2021.
 
Tak lengkap memang, namun ini bisa menjadi keuntungan bagi atlet Indonesia dan negara lainnya. Seperti diketahui, atlet Tiongkok selalu bisa menempatkan wakilnya juara di Indonesia Masters. Kecuali pada gelaran Indonesia Masters 2014 Palembang, Sumatra Selatan, saat itu pebulu tangkis Tiongkok absen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jadi bisa dipastikan gelar atlet Indonesia akan semakin menjauhi perolehan Tiongkok dalam perolehan gelar di Indonesia Masters. Sejak 2010 hingga 2016 turnamen Grand Prix Gold ini berhadiah total USD120.000. Sejak 2018 level hadihanya naik menjadi USD600.000.
 
Dari rangkuman Medcom.id, sebanyak 9 negara sudah pernah memiliki juara di turnamen ini. Namun, hanya empat negara saja yang pernah meraih tiga gelar, bahkan lebih di turnamen Indoensia Masters. Berikut negara-negara yang minimal sudah meraih tiga gelar juara di Indonesia Masters:
 
1. Indonesia
Indonesia masih menjadi yang superior di penyelenggaraan Indonesia Masters sejak 2010. Sebanyak 25 gelar sudah diraih atlet
Empat Negara dengan Gelar Terbanyak di Indonesia Masters
Marcus/Kevin incar gelar keempat
 
Indonesia. Hingga edisi 10, Indonesia tidak pernah tanpa gelar. Dominasi Indonesia terjadi hampir di setiap penyelenggaraan, terutama di tunggal putra (7 gelar), ganda putra (8 gelar, termasuk hattrick Marcus/Kevin pada 2018, 2019, 2020) dan ganda campuran (6 gelar).
 
2. Tiongkok
Tiongkok masih menjadi salah satu kekuatan. Di gelaran Indonesia Masters, sejak 2010 Tiongkok sudah meraih 12 gelar juara. Gelar tersebut bisa saja melebihi dari pencapaian, jika mereka ikut turnamen tahun 2014. Di edisi ke 11 kali ini, Tiongkok juga tidak mengirimkan wakilnya sama sekali karena pandemi Covid-19.
 
3. Jepang
Jepang termasuk negara yang sudah memperoleh tiga gelar juara di Indonesia Masters. Dominasi mereka di ganda putri terbukti dengan tiga gelar yang diraih Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi tahun 2012, 2018 dan 2019.
 
4. Thailand
Thailand adalah kekuatan baru bulu tangkis. Raihan tiga gelar juara tunggal putri di Indonesia Masters menjadi bukti sahihnya. Ratchanok Intanon menjadi ratu bulu tangkis di Indonesia Masters dengan dua gelarnya yang diraih pada 2010 dan 2020. Satu lagi gelar Thailand di tunggal putri diraih Busanan Ongbumrungpan pada 2016.
 
Empat Negara dengan Gelar Terbanyak di Indonesia Masters
Ratchanok Intanon
 
Ya, badminton lovers, negara seperti Korea Selatan, India, masih mengoleksi dua gelar sejauh ini. Apakah mereka akan menambah koleksinya? Pada gelaran Indonesia Masters 2021 ini, kita juga masih bisa kita menikmati aksi Ratchanok Intanon di tunggal putri. Akankah ia meraih gelar untuk ketiga kalinya, sekaligus menjadi ratunya Indonesia Masters. Atau Marcus/Kevin yang akan meraih gelar keempatnya secara beruntun? Layak dinantikan.
 
Video: Momen Valentino Rossi Berpamitan dengan Para Fans

 
(RIZ)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif