Anthony Ginting. (Foto: Antara/Aditya Pradana Putra)
Anthony Ginting. (Foto: Antara/Aditya Pradana Putra)

Memaksimalkan Performa Anthony Ginting dan Jojo

Olahraga bulu tangkis pelatnas olimpiade
Media Indonesia • 03 Juni 2020 10:20
Jakarta: Indonesia meloloskan dua wakil untuk nomor tunggal putra ke Olimpiade Tokyo 2020 yang diadakan tahun depan, yakni Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie.
 
Kedua pemain itu disiapkan untuk bisa tampil maksimal setelah selama delapan tahun terakhir tim bulu tangkis ' Merah Putih' gagal meloloskan wakil ke ajang olahraga terakbar sejagat tersebut.
 
Dalam peringkat race to Tokyo, Anthony menempati urutan keempat dengan 75.332 poin. Adapun Jojo sapaan Jonatan berada pada urutan ketujuh dengan 72.940 poin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami akan siapkan semua yang terbaik pada saat batas akhir nanti. Hanya saja kondisi saat ini memang belum bisa diprediksi," kata pelatih tunggal putra pelatnas, Hendri Saputra, kemarin.
 
Penundaan Olimpiade hingga tahun depan membuat waktu persiapan lebih panjang. Hendri mengatakan, persiapan akan bisa lebih maksimal. Namun, saat ini, kata dia, yang menjadi fokusnya ialah menghadapi sisa turnamen hingga akhir tahun nanti.
 
Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Susy Susanti meminta Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting tetap menjaga serta mempertahankan performa meski sudah mengantongi tiket ke Olimpiade Tokyo 2020. PBSI, kata Susy, belum ada target untuk tiap-tiap sektor di Olimpiade.
 
"Meskipun mereka sudah aman dan lolos ke Olimpiade, peak-nya tetap dijaga," kata Susy, peraih medali emas tunggal putri di Olimpiade Barcelona 1992.
 
Di sektor tunggal putra, Indonesia dua kali menyabet medali emas Olimpiade melalui Alan Budikusuma di Barcelona 1992 serta Taufik Hidayat di Athena pada 2004 silam.
 
Dua medali perak juga diraih lewat Ardy B Wiranata yang dikalahkan Alan pada laga pamungkas pada 1992, serta Hendrawan yang kalah di final dari pemain Tiongkok, Ji Xipeng, pada Olimpiade Sydney 2000. Adapun perunggu diraih Hermawan Susanto di Barcelona 1992 serta Sony Dwi Kuncoro di Athena 2004.
 
Selain Ginting dan Jonatan dari sektor tunggal putra, ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu juga lolos kualifi kasi Olimpiade Tokyo berdasarkan peraturan revisi kualifikasi untuk Olimpiade Tokyo 2020 yang diumumkan Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) beberapa waktu lalu.
 
Sebelumnya, Indonesia sudah meloloskan tiga pasangan, yaitu dua ganda putra, Marcus Fernaldi Gideon/ Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan, serta ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.
 
Video: UEFA Siapkan Format Baru Liga Champions
 
(ASM)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif