Bulu Tangkis Dunia

Bulu Tangkis Malaysia Digemparkan Kasus Pengaturan Skor

Krisna Octavianus 13 Februari 2018 11:03 WIB
bulu tangkis
Bulu Tangkis Malaysia Digemparkan Kasus Pengaturan Skor
Ilustrasi permainan Bulu Tangkis (Foto: ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)
Kuala Lumpur: Bulu tangkis Malaysia diguncang kabar pengaturan skor. Saat ini, Federasi Bulu tangkis Dunia (BWF) sedang menginvestigasi terduga pemain Malaysia yang terlibat hal itu.

Menurut sumber, BWF telah menangguhkan sementara pemain berusia 20 tahun yang sampai saat ini belum diketahui namanya itu. Sang pemain tidak boleh ikut turnamen dalam level apapun.

Sumber mengatakan BWF mulai memantau pergerakan pemain yang terakhir berpartisipasi dalam turnamen internasional di negara-negara tetangga sejak Februari tahun lalu itu. Tindakan penahanan dilakukan awal tahun ini setelah aktivitas pengaturan pertandingan semakin signifikan.


"BWF telah memanggil pemain untuk penyelidikan lebih lanjut pada akhir tahun lalu. Badan bulu tangkis terbesar di dunia sekarang dikatakan memiliki cukup bukti untuk mengajukan klaim pada pemain tersebut termasuk hasil pemeriksaan telepon genggamnya," demikian sumber dari BWF.

"Dari ponselnya, BWF menemukan ada pesan dalam aplikasi Whatsapp yang mengarah pada aktivitas pengaturan pertandingan," kata sumber tersebut kepada situs berita Malaysia, Berita Harian, Selasa (13/2/2017).

Sumber tersebut mengatakan, BWF akan mengadakan sidang terkait kasus tersebut di Singapura pada akhir bulan ini, untuk memungkinkan pemain membela diri terhadap tuduhan pengaturan skor tersebut.

Diketahui, BWF mulai mencurigai adanya aktivitas tidak bermoral para pemain berdasarkan gaya hidup mewah mereka. Bahkan, kabar tentang skandal yang melibatkan para pemain itu juga merupakan rahasia umum di dunia bulu tangkis Malaysia baru-baru ini.

Sementara itu, sekretaris kehormatan Asosiasi Bulu tangkis Malaysia (BAM), Datuk Ng Chin Chai saat dihubungi terkait masalah ini menolak berkomentar.

"Saya tidak bisa berkomentar karena ini adalah klaim serius, saya minta maaf," kata Chin Chai.

Kasus tersebut adalah yang pertama melibatkan pemain Malaysia yang diduga terlibat dalam skandal pengaturan skor dalam investigasi BWF. Menurut peraturan yang ditetapkan oleh BWF, setiap pemain yang dinyatakan bersalah terlibat dalam skandal pengaturan skor akan dijatuhkan hukuman seumur hidup tak boleh beraktivitas di dunia tepok bulu.

Tak ingin ketinggalan update berita bola dan olahraga? Follow instagram kami @medcom_olahraga

 



(KRS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id