Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal
Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal

Puasa Syawal atau Bayar Utang Puasa Ramadan, Mana yang Didahulukan?

Adri Prima • 09 Mei 2022 15:28
Jakarta: Puasa enam hari di bulan Syawal merupakan puasa yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan.
 
Puasa syawal tidak boleh dilakukan pada 1 Syawal atau saat hari raya Idulfitri. Biasanya, puasa syawal dilaksanakan pada tanggal 2 -7 Syawal. Namun jika berpuasa di luar tanggal tersebut tetap diperbolehkan selama masih dalam bulan Syawal.
 
Lalu bagaimana jika seseorang yang ingin menjalankan puasa Syawal masih memiliki utang puasa Ramadan? Mana yang perlu didahulukan?

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Melansir laman resmi MUI, pertanyaan ini bisa dijawab dengan beberapa cara. Pasalnya, beberapa ulama juga memiliki perbedaan pendapat terkait hal ini. 

1. Mendahulukan mengganti puasa

Pendapat pertama menyebutkan membayar utang puasa Ramadan lebih utama untuk didahulukan daripada puasa Syawal. Alasannya, puasa Syawal merupakan amalan sunah.
 
Pendapat ini mengajukan argumen puasa suana jika amalan wajib belum ditunaikan. Bagi mereka yang kuat berpuasa dan tidak punya halangan syar’i seperti sakit, musafir atau haid sebaiknya melakukan pandangan pertama ini.
 
Puasa Syawal dan dilakukan bersamaan dengan puasa sunah senin kamis

2. Mendahulukan puasa syawal

Pendapat kedua, menyebut puasa Syawal dapat didahulukan dari qada (mengganti) puasa Ramadan. Sebab sekalipun puasa qada hukumnya wajib, namun dari segi waktu sifatnya muwassa’ (fleksibel) hingga Ramadan berikutnya.
 
Sedangkan puasa Syawal sifatnya mudhayyaq (terbatas) di Bulan Syawal saja. Bagi mereka yang khawatir pada dirinya ada halangan syar’i seperti musafir, haid, sakit, atau bahkan pekerjaan berat, sementara ia tidak mau menggabungkannya, maka boleh mendahulukan puasa Syawal daripada puasa qada.
 
Baca juga: Ini Bacaan Niat Puasa Syawal
 
Ketiga, boleh menggabungkan niat dua puasa yang nilai hukumnya berbeda yakni wajib dan sunah. Jadi puasa Syawal diikutkan dalam niat puasa qada. Artinya puasa qada dilakukan di bulan Syawal dengan mengharap pahala bulan Syawal sebagaimana yang tersebut dalam Hadis tentang keutamaan Bulan Syawal. 
 
(PRI)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif