Gedung KPU. Foto: MI/Susanto
Gedung KPU. Foto: MI/Susanto

Berkas 17 Parpol Dinyatakan Lengkap per 11 Agustus

Medcom • 12 Agustus 2022 09:43
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menerima berkas 23 partai politik (parpol) yang mendaftar sebagai calon peserta Pemilu 2024. Sebanyak 17 parpol dinyatakan lengkap berkas pendaftarannya.
 
"(Parpol yang) Dokumen persyaratannya dinyatakan lengkap oleh KPU RI dan sudah dinyatakan statusnya didaftar sebagai calon peserta Pemilu 2024 ada 17 parpol," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari di Jakarta dikutip Antara, Jumat, 12 Agustus 2022.
 
Sebanyak 17 partai tersebut yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Keadilan dan Persatuan (PKP), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Bulan Bintang (PBB), Perindo, Partai Nasdem, dan Partai Kebangkitan Nusantara (PKN). Kemudian, Partai Garuda, Partai Demokrat, dan Partai Gelombang Rakyat (Gelora).
 

Baca: KPU Ingatkan 9 Parpol Segera Daftar Peserta Pemilu 


Selanjutnya, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Golkar, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Kini, ke-17 partai tersebut sudah bisa masuk ke dalam tahap verifikasi administrasi. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami berikan kesempatan sampai batas waktu akhir pendaftaran," ucap dia. 
 
Sementara itu, bagi partai yang belum melengkapi berkas dan maupun belum mendaftar diminta untuk segera melengkapi dan mengumpulkan berkas hingga akhir masa pendaftaran, yaitu Minggu, 14 Agustus 2022.
 
Adapun proses verifikasi administrasi akan berlangsung hingga 11 September 2022. KPU akan mengumumkan parpol yang lolos dalam tahapan ini pada 14 September 2022.
 
(Valerie Augustine Budianto)
 
(AGA)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif