Presiden Joko Widodo bersiap menyambut PM baru Jepang/Istimewa.
Presiden Joko Widodo bersiap menyambut PM baru Jepang/Istimewa.

Empat Kerja Sama Indonesia-Jepang, Mulai Penanganan Pandemi Hingga Investasi

Nasional presiden jokowi indonesia-jepang
Nur Azizah • 20 Oktober 2020 20:38
Jakarta: Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri JepangYoshihide Suga menyepakati empat kerja sama. Pertama, soal penanganan pandemi virus korona (covid-19).
 
"Sejak awal pandemi, Jepang merupakan mitra penting Indonesia dalam mitigasi pandemi termasuk evakuasi 69 anak buah kapal Diamond Princes di Yokohama," kata Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa, 20 Oktober 2020.
 
Jokowi menyambut baik penandatanganan memorandum kerja sama kesehatan antara Indonesia dan Jepang pada 19 Oktober 2020. Selain itu, Indonesia dan Jepang yang tergabung dalam ASEAN Covid-19 Response Plan menjadi dasar penguat penanggulangan pandemi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Empat Makna Politis Kunjungan PM Jepang ke Indonesia
 
Jokowi mengajak Jepang memperkuat tata kelola kesehatan di kawasan ASEAN untuk menghadapi pandemi. Termasuk pembentukan Asean Center Health for Emerging Disease.
 
"Kerja sama kedua terkait pembentukan travel corridor arrangement bagi bisnis esensial," kata Jokowi.
 
Indonesia dan Jepang sepakat menugaskan Menteri Luar Negeri menegosiasikan detail dan menyelesaikan kesepakatan tersebut. Jokowi memberi tenggat satu bulan.
 
Kerja sama ketiga terkait relokasi dan perluasan investasi perusahaan-perusahaan Jepang ke Indonesia. Beberapa perusahaan ialah Denso, Sagami, Panasonic, Mitsubishi Chemical, dan Toyota.
 
Jokowi meminta perhatian Jepang terkait kendala izin impor produk pertanian, kehutanan, dan perikanan dari Indonesia. "Saya tadi mendorong Jepang ikut berpartisipasi dalam Sovereign Wealth Fund Indonesia," sebut Jokowi.
 
Keempat, penguatan spirit kerja sama di tengah rivalitas global yang semakin menajam. Kerja sama Indonesia-Jepang perlu diutamakan dalam hubungan Indo-Pasifik.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif