(Ilustrasi) Panel surya sebagai salah satu alternatif energi baru terbarukan. AFP
(Ilustrasi) Panel surya sebagai salah satu alternatif energi baru terbarukan. AFP

Kemendes Berniat Aplikasikan Rumah Tenaga Surya di Indonesia Timur

Nasional energi listrik Kemendes PDTT
Insi Nantika Jelita • 02 Desember 2020 09:16
Jakarta: Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mengembangkan solar home system atau rumah bertenaga surya di Indonesia timur. Rencana tersebut diungkap setelah Shcneider Electric, perusahaan multinasional asal Prancis, audiensi ke Kemendes PDTT.
 
“Jadi kita nanti akselerasi lagi. Kita rapikan lagi pola dan modelnya. Termasuk konsekuensi soal solar home system di Indonesia timur," kata Wakil Menteri Desa Budi Arie Setiadi dalam keterangan tertulis yang dikutip Media Indonesia, Rabu, 2 Desember 2020.
 
Budi menilai aplikasi rumah bertenaga surya bisa menjadi solusi bagi desa di Indonesia timur yang belum teraliri listrik. Terutama, di daerah kepulauan

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Seperti Maluku, NTT, dan NTB itu (listrik) memang tidak bisa pakai jaringan kabel. Harus terpisah pakai solar panel per rumah dipasang karena jaraknya jauh-jauh,” kata dia.
 
Baca: RUU Energi Baru Terbarukan Perlu Fokus ke Persaingan Harga
 
Presiden Direktur Shcneider Electric, Xavier Genoulli, menyebut distribusi listrik bisa lebih efektif dan efisien jika solar home system diterapkan. Selain itu, Shcneider Electric juga telah memiliki perangkat lunak dan layanan yang dapat dikendalikan dari jarak jauh.
 
“Orang-orang dapat memanfaatkan energi semaksimal mungkin, lebih efektif dan efisien, serta lebih aman,” kata Xavier.
 
Dalam pertemuan pada Selasa, 1 Desember 2020, kedua pihak membicarakan perihal  pemasangan solar home system yang menjadi fokus kerja Kemendes PDTT. Terutama, desa yang belum terjangkau listrik.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif