Presiden Joko Widodo/Dok Sekretariat Kepresidenan
Presiden Joko Widodo/Dok Sekretariat Kepresidenan

Jokowi Pertegas Penyetaraan Hak Penyandang Disabilitas

Nasional presiden jokowi hari disabilitas internasional
Nur Azizah • 03 Desember 2020 11:52
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan penyetaraan hak penyandang disabilitas. Mereka harus menerima hak yang sama dengan warga negara lain, mulai dari pendidikan, kesehatan, hingga infrastruktur.
 
"Menjamin akses pendidikan, kesehatan, pekerjaan bagi penyandang disabilitas dan membangun infrastruktur yang aksesibel untuk menciptakan lingkungan yang bebas hambatan bagi disabilitas," kata Jokowi dalam sambutan Hari Disabilitas Internasional secara virtual, Kamis, 3 Desember 2020.
 
Jokowi menyebut banyak Peraturan Pemerintah (PP) yang dibuat pada 2019 terkait hal itu. Ada PP tentang Penyelenggaraan Kesehateraan Sosial Bagi Penyandang Disabilitas, PP tentang Perencanaan, Penyelenggaraan, Dan Evaluasi Terhadap Penghormatan, serta PP Perlindungan Dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Di tahun 2020 ini ada empat PP yang telah saya tandatangani," kata Jokowi.
 
Regulasi yang dimaksud memuat akomodasi penyandang disabilitas di ranah pendidikan dan dalam proses peradilan. Kemudian, Pp Tentang Akses Terhadap Permukiman, Pelayanan Publik, Perlindungan Dari Bencana Bagi Penyandang Disabilitas, serta PP tentang Unit Layanan Disabilitas Ketenagakerjaan.
 
"Selain itu ada dua peraturan presiden (perpres) yang saya tandatangani, yaitu tentang syarat dan tata cara pemberian penghargaan terhadap pemenuhan hak penyandang disabilitas dan tentang komisi nasional disabilitas," jelas Jokowi.
 
Kepala Negara mengatakan ia akan mengeluarkan payung hukum lagi bila diperlukan. Namun, Jokowi menyebut regulasi harus diimbangi dengan pelaksanaan yang komprehensif.
 
"Kuncinya adalah diimplementasi, sekali lagi kuncinya adalah implementasi. Tugas kita selanjutnya memastikan semua kebijakan dapat terlaksana dengan baik," ujarnya.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif