Ilustrasi pembuatan vaksin. Shutterstock
Ilustrasi pembuatan vaksin. Shutterstock

Pemerintah Diminta Tak Zalim Demi Segera Mengatasi Covid-19

Nasional Virus Korona DPR RI vaksin covid-19
Anggi Tondi Martaon • 23 Oktober 2020 11:00
Jakarta: Legislator mewanti-wanti pemerintah menjalankan vaksinasi virus korona (covid-19) sesuai prosedur dan aturan. Pemerintah tak boleh melanggar proses klinis yang diatur demi mempercepat vaksinasi.
 
Apalagi, pemerintah telah mengeluarkan anggaran besar untuk kebutuhan vaksin demi memasifkan imunisasi. "Itu zalim namanya," tegas Anggota Komisi IX DPR Anggia Ermarini kepada Medcom.id, Jumat, 23 Oktober 2020.
 
Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengakui vaksinasi salah satu upaya cepat mengatasi dampak pandemi covid-19. Selain menekan kasus, vaksinasi diharapkan dapat segera mengatasi dampak ekonomi, sosial, dan efek turunan pandemi lainnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Keinginan segera mengatasi pandemi jangan sampai menabrak ketentuan. Apalagi, menabrak prosedur klinis yang berpotensi mengancam keselamatan masyarakat.
 
Baca: Vaksin Covid-19 Jangan Tergesa-gesa
 
Prosedur klinis juga diharapkan tak terburu-buru karena pemerintah sudah gembar-gembor memulai vaksinasi pada November 2020. "Keselamatan masyarakat menjadi sesuatu yang sangat penting. Jadi protokol (uji klinis vaksin) tadi harus tetap dilakukan," ungkap dia.
 
Dia menyebut banyak hal yang harus dipersiapkan pemerintah terkait program vaksinasi massal. Mulai dari sosialisasi, mempersiapkan infrastruktur vaksinasi, hingga memastikan efektifitas vaksin.
 
Kementerian Kesehatan mengungkap tiga vaksin covid-19 dari Sinovac, Sinopharm, dan Cansino asal China telah menyelesaikan uji klinis tahap III di beberapa negara.
 
Rencananya,9,1 juta orang di Indonesia mulai divaksinasi di akhir November 2020. Vaksin diprioritaskan bagi kelompok masyarakat yang paling berisiko terpapar virus SARS Cov-2 seperti petugas medis.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif