Presiden Jokowi berdialog dengan perwakilan kepala  desa di GBK/MI/Ramdani
Presiden Jokowi berdialog dengan perwakilan kepala desa di GBK/MI/Ramdani

Jokowi Janji Dana Desa Naik Setiap Tahun

Nasional dana desa
Achmad Zulfikar Fazli • 10 April 2019 19:35
Jakarta: Presiden Joko Widodo berjanji memprioritaskan penaikan dana desa. Dana desa dibutuhkan untuk membangun infrastruktur, seperti jalan, embung, maupun jembatan.
 
"Ke depan dana desa akan terus kita tingkatkan setiap tahunnya," kata Jokowi saat berpidato di hadapan perangkat desa se-Indonesia di Tennis Indoor Istora Senayan, Jakarta, Rabu, 10 April 2019.
 
Baca: Jokowi: Membangun Desa Artinya Membangun Indonesia

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jokowi rutin menerima laporan penggunaan dana desa. Dalam empat tahun terakhir, dana desa digunakan membangun 191 ribu kilometer jalan, 24 ribu posyandu, dan 50 ribu fasilitas pendidikan anak usia dini (PAUD). Dana desa juga digunakan membangun 8.900 pasar.
 
"Pasar desa itu penting karena berkumpulnya produk petani, produk nelayan. Kemudian 58 ribu unit irigasi telah terbangun, dan 1,1 juta meter jembatan yang dibangun dari dana desa," jelas Presiden ketujuh Indonesia itu.
 
Baca: Dana Desa Mengurangi 6.518 Desa Tertinggal
 
Jokowi menjelaskan pemerintah selama ini fokus pada pembangunan infrastruktur. Fokus dana desa bakal bergeser pada peningkatan ekonomi dan inovasi.
 
Pemerintah mulai menyaring produk-produk unggulan di setiap desa dan memberikan suntikan dana agar kualitasnya lebih baik. Produk unggulan tersebut harus memiliki nilai jual tinggi hingga ke kota.
 
Menurut Jokowi, menaikkan nilai jual bukan perkara sulit. Kemasan yang dibuat menarik diyakini meningkatkan harga jual.
 
"Mesin kemasan murah juga Rp10 juta-12 juta dapat. Kemasan baik, diberi lebel yang baik, diberi merek yang baik," jelas dia.
 
Baca: Presiden: Dana Desa Persempit Ketimpangan
 
Produk-produk unggulan juga bisa diangkat menajdi produk nasional lewat sistem daring atau marketplace. Produk di desa pada akhirnya bisa ditingkatkan ke level nasional. Kondisi itu memudahkan penjual memasukkan produknya ke marketplace global.
 
"Ke depan dipikirkan ke situ," tegas Jokowi.
 

(OJE)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA18:59

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif