KPU Kaji Opsi Umumkan Caleg Eks Koruptor di TPS
Ketua KPU RI Arief Budiman. Foto: Medcom.id/Dheri.
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) tak akan menandai calon anggota legislatif mantan koruptor di surat suara. Namun, KPU mempertimbangkan opsi pengumuman caleg eks koruptor di tempat pemungutan suara (TPS).
 
"Karena kan undang-undang juga menyebutkan bahwa mantan terpidana itu harus mengumumkan diri. Nah mengumumkan diri itu kan bisa dimaknai juga KPU membantu mengumumkan di papan pengumuman (di TPS)," kata Ketua KPU Arief Budiman di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat, 12 Oktober 2018.
 
Arief mengatakan keputusan mengumumkan caleg mantan koruptor di TPS merupakan kewenangan penuh KPU. Berbeda dengan desain surat suara, keputusan pengumuman di TPS itu tak perlu dikonsultasikan ke DPR.

Baca: Ratusan Eks Napi Korupsi Nyaleg di DPRD

Namun begitu, opsi itu masih dalam tahap pembahasan. Belum ada keputusan final yang diambil KPU.
 
"Kalau bukan bagian dari surat suara tidak (dikonsultasikan), sebab tidak diperintahkan di undang-undang. Jadi misalnya di papan pengumuman, itu kan ada daftar calon, itu kan tidak diperintahkan buat dikonsultasikan (ke DPR). Tapi kalau di surat suara, itu diperintahkan buat dikonsultasikan," tandasnya.






(FZN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id