Sekretaris Jenderal Partai NasDem Johnny G Plate. Foto: Medcom.id/Adin
Sekretaris Jenderal Partai NasDem Johnny G Plate. Foto: Medcom.id/Adin

Pemerintah Diminta Segera Serahkan UU Pemindahan Ibu Kota

Nasional pemindahan ibukota Ibu Kota Baru
Arga sumantri • 30 Agustus 2019 16:55
Jakarta: Partai NasDem mendukung penuh rencana pemindahan ibu kota. NasDem meminta pemerintah segera menyetor rancangan undang-undang (RUU) untuk menguatkan rencana tersebut.
 
"Pemerintah sudah menentukan lokasinya. Kami minta pemerintah untuk segera mengirim RUU baru, atau revisi RUU terkait yang berhubungan dengan pemindahan ibu kota," kata Sekretaris Jenderal NasDem Johnny G Plate kepada Medcom.id, Jumat, 30 Agustus 2019.
 
Johnny menegaskan UU pemindahan ibu kota sangat dibutuhkan. Sebab, regulasi tersebut akan menjadi payung hukum guna memperjelas dan menguatkan kebijakan memindahkan ibu kota.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami tentu minta apabila sudah diberikan, kami meminta dpr untuk bekerja dengan cepat," ujarnya.
 
Bagi NasDem, keputusan Presiden Joko Widodo memindahkan ibu kota adalah kebijakan yang berani dan penting. Keputusan ini juga akan menjadi sejarah bangsa bila terwujud.
 
"Kami mendukung agenda dan jadwal kerja untuk memindahkan ibu kota," ungkapnya.
 
Presiden mengumumkan sebagian kawasan Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kertanegara menjadi lokasi ibu kota baru. Wilayah ini dianggap minim risiko bencana, seperti banjir, gempa, tsunami, kebakaran hutan, gunung berapi, dan tanah longsor.
 
Selain itu, wilayah ini dinilai strategis karena berada di tengah Indonesia. Kawasan ini juga diapit perkotaan yang sedang berkembang, Balikpapan dan Samarinda. Sejumlah infrastruktur pendukung pun tersedia di wilayah tersebut.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif