NEWSTICKER
Menkominfo Johnny G. Plate. Foto: Medcom/Nur Azizah
Menkominfo Johnny G. Plate. Foto: Medcom/Nur Azizah

Perusahaan Global Berpeluang Buka Pusat Data di Indonesia

Nasional kominfo undang-undang
Nur Azizah • 28 Januari 2020 21:37
Jakarta: Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menyebut Rancangan Undang-Undang (RUU) Perlindungan Data Pribadi bakal mengatur pengelolaan data pemerintah maupun swasta. RUU ini juga memungkinkan perusahaan asing membuka pusat data di Tanah Air.
 
"Kami akan memberi kesempatan perusahaan global untuk membuat data center di Indonesia. Oleh perusahaan global," kata Johnny di Gedung Kominfo, Jakarta Pusat, Selasa, 28 Januari 2020.
 
Politikus Partai NasDem menuturkan RUU ini akan berlaku untuk individu maupun korporasi. RUU ini digadang-gadang sebagai jawaban mengatasi masalah kedaulatan data pribadi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pengecualian itu sebagaimana diterapkan pemerintah negara mana pun di dunia ini. Pertama, soal keamanan negara dan kedua, keputusan kepengadilan," kata dia.
 
Surat presiden (Surpres) terkait Rancangan Undang-Undang (RUU) Perlindungan Data Pribadi sudah dikirim ke DPR. Surat itu menjadi yang pertama yang dikirim ke Parlemen terkait RUU.
 
Johnny berharap RUU Perlindungan Data Pribadi segera dibahas di Parlemen. Ada sekitar 15 bab dan 72 pasal yang telah dirumuskan.
 
Jumlah bab dan pasal ini masih bisa bertambah atau berkurang. Naskah akan dibahas DPR dalam rapat komisi terkait.
 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif