Ilustrasi Pancasila. Foto: Antara/Prasetia Fauzan
Ilustrasi Pancasila. Foto: Antara/Prasetia Fauzan

Pemahaman Terhadap Pancasila Perlu Diperkuat

Nasional pancasila
Marcheilla Ariesta • 06 Oktober 2019 18:51
Jakarta: Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Azyumardi Azra menilai pemahaman Pancasila perlu dijelaskan kembali kepada masyarakat. Implementasi nilai-nilai Pancasila dianggap sudah memudar.
 
"Perlu ada pemahaman kembali kontekstualisasi Pancasila. Saya kira kesaktian Pancasila harus disertai usaha serius untuk mendekati cita-cita Pancasila," kata Azyumardi dalam dialog 'Masih Saktikah Pancasila?' di Jakarta, Minggu, 6 Oktober 2019.
 
Menurut dia, penanaman pemahaman Pancasila juga jadi pekerjaan rumah elite politik. Apabila elite politik berlaku seenaknya, Pancasila bakal goyah dan negara semakin kacau.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Azyumardi menilai Pancasila mulai tergerus paham radikalisme dan terorisme. "Makanya kita harus hati-hati. Kita harus jaga Pancasila, karena ancamannya riil," ungkapnya.
 
Ia mengatakan, salah satu yang dapat memperkuat Pancasila yakni sikap saling menghormati antar umat beragama. Toleransi harus terus dijaga.
 
"Sebagai salah satu dari negara yang memiliki banyak keragaman, maka kita harus bangga dengan keberagaman kita. Itu yang membuat kita kuat," pungkasnya.
 

(AGA)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif