Jokowi Ajak Korsel dan Korut Menyemarakkan Asian Games

Achmad Zulfikar Fazli 30 April 2018 17:09 WIB
asian games 2018
Jokowi Ajak Korsel dan Korut Menyemarakkan Asian Games
Presiden Joko Widodo menerima Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Korea Selatan dan Korea Utara/Medcom.id/Fikar
Jakarta: Presiden Joko Widodo mengajak Korea Selatan dan Korea Utara memeriahkan Asian Games 2018. Ajakan disampaikan ketika Dubes Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Korea Selatan untuk Indonesia, Kim Chang-beom, dan Dubes Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Korea Utara untuk Indonesia, An Kwang Il, berkunjung ke Istana.

"Saya juga mengundang partisipasinya secara besar-besaran dalam Asian Games bulan Agustus di Jakarta dan Palembang," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin, 30 April 2018.

Jokowi juga sempat berfoto bersama Kim Chang-beom dan An Kwang Il sembari memegang maskot Asian Games 2018.


Kim Chang-beom memegang Atung, sebutan lain maskot Rusa Bawean. Atung menjadi simbol kecepatan. Rusa Bawean merupakan binatang yang hanya tersebar di Pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur. Rusa Bawean merupakan hewan nokturnal (lebih aktif malam hari).

An Kwang Il memegang Bhin-Bhin atau maskot Burung Cendrawasih yang menyimbolkan strategi. Burung cendrawasih tersebar di Pulau Irian dan Pulau Aru, Indonesia.

Sementara Jokowi memegang Kaka atau maskot Badak Bercula Satu yang merupakan simbol kekuatan. Badak itu merupakan binatang yang hanya bisa ditemui di Ujung Kulon, Indonesia.

Asian Games 2018 rencananya berlangsung pada 18 Agustus-2 September. Acara multievent olahraga regional Asia tersebut akan digelar di Jakarta dan Palembang. Beberapa daerah juga akan menjadi tuan rumah pendukung, seperti Lampung, Jawa Barat, dan Banten.

Secara keseluruhan, akan ada 40 cabang olahraga, 67 kategori disiplin, dan 462 nomor yang akan dipertandingkan pada pesta olahraga se-Asia itu.



(OJE)