KPU Tunggu Susunan Tim Pemenangan Capres dan Cawapres

Faisal Abdalla 20 Agustus 2018 19:22 WIB
pilpres 2019Jokowi-Ma`ruf
KPU Tunggu Susunan Tim Pemenangan Capres dan Cawapres
Ketua KPU RI Arief Budiman--Antara/Aprilio Akbar
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) memberi waktu kepada pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden untuk segera melengkapi daftar tim pemenangan. KPU memberi batas waktu hingga menjelang masa kampanye.

"Keduanya (paslon) sudah mendaftarkan (struktur tim pemenangan) saat pendaftaran lalu tapi kalau mau diubah atau dilengkapi bisa saja dilakukan," kata Ketua KPU Arief Budiman di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 20 Agustus 2018.

Arief mengatakan hari ini Sekjen koalisi parpol pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin menyerahkan daftar susunan tim pemenangan terbaru. Namun, belum ada nama ketua tim yang diserahkan.


Hal itu, lanjut Arief, tidak masalah lantaran koalisi parpol masih punya waktu melengkapi, memperbaiki, atau mengubah susunan tim pemenangan hingga menjelang waktu masa kampanye dimulai.

Arief mengingatkan kepada koalisi parpol agar hati-hati saat menyusun nama-nama yang masuk dalam daftar tim pemenangan. Pasalnya, semua pihak yang nantinya akan berpartisipasi dalam kegiatan kampanye harus tercantum ke dalam struktur tim pemenangan.

"Karena konsekuensinya berbeda-beda, dalam undang-undang, sanksinya itu bisa terkena pada siapa saja, orang per orang atau bisa juga terkena ke tim kampanye," tandas Arief.

Pasangan calon presiden dan wakil presiden yang akan berlaga di Pilpres 2019 akan diumumkan KPU pada 20 September 2018 mendatang. Sehari setelah itu, KPU akan melakukan pengundian nomor urut. Sementara, masa kampanye Pemilu serentak 2019 akan dimulai pada 23 September 2018 hingga 13 April 2019.



(JMS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id