DCT KPU Masih Bisa Digugat ke Bawaslu
Komisioner KPU Ilham Saputra. Foto: Medcom.id/Achmad Zulfikar Fazli.
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan daftar calon tetap (DCT) anggota legislatif DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, DPD serta peserta pemilu presiden dan wakil presiden. DCT yang telah ditetapkan KPU masih bisa digugat ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).
 
"Batas pengajuan gugatan DCT tiga hari. Tiga hari kerja sejak penetapan DCT, berarti sampai hari Selasa (25 September 2018)," kata Komisioner KPU, Ilham Saputera di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat, 21 September 2018.
 
Ilham mengaku hingga kini KPU belum menerima laporan berapa banyak gugatan sengketa DCT dari Bawaslu. "Nanti kan semua masuk dulu gugatannya ke Bawaslu. Kemudian Bawaslu akan sampaikan ke kita. Kita akan diundang nanti," kata Ilham.

Baca: Paslon Diberi 3 Hari Gugat Penetapan KPU

Salah satu pihak yang sudah menggugat KPU adalah Ketua Umum Partai Hanura, Oesman Sapta Odang (OSO). OSO mengajukan gugatan ke Bawaslu lantaran namanya dicoret KPU dari pencalonan anggota DPD.
 
Ilham menghormati gugatan OSO. Menurutnya langkah yang diambil OSO memang diakomodasi dalam undang-undang. "Karena itu memang diatur dalam aturan perundangan. Dan kita siap hadapi. Sebab kami yakin apa yang kami lakukan itu sudah sesuai dengan aturan undang-undang," ujarnya.






(FZN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id