PAN Hormati Usulan Amien <i>Nyapres</i>
Koalisi Umat Madani (KUM) mendeklarasikan Amien Rais sebagai Calon Presiden RI 2019-2024 - Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo.
Jakarta: Sejumlah elemen masyarakat mendorong politikus senior PAN Amien Rais sebagai calon presiden 2019. Wakil Sekretaris Jenderal PAN Shaleh Daulay mengatakan usulan ini bakal menentukan langkah politik PAN ke depan. 

"Usulan tersebut tentu akan menjadi referensi penting bagi PAN dalam menentukan langkah politik dalam menyongsong pilpres nanti," kata Shaleh saat dihubungi wartawan, Senin, 2 Juli 2018. 

Menurut Shaleh, usulan capres dan cawapres bukan hanya milik partai politik yang memiliki suara di parlemen. Suara dan masukan dari masyarakat perlu dipertimbangkan. “Kami sangat mengapresiasi deklarasi koalisi umat madani yang meminta Pak Amien bersedia untuk dicapreskan. Sebagai bagian dari kelompok masyarakat tercerahkan," ujarnya. 


Baca: Koalisi Umat Madani Deklarasikan Amien Rais Capres 2019

Ia menjelaskan dorongan Amien Rais nyapres awalnya berasal dari eksternal parpol dari berbagai kalangan. Di antaranya dari kalangan purnawiran perwira tinggi TNI, pengusaha, mantan birokrat, tokoh masyarakat, ulama, aktivis dan mantan aktivis mahasiswa, dan lain-lain.  
Dari usulan eksternal mengusulkan empat nama kader PAN. Di antaranya Zulkifli Hasan, Soetrisno Bachir, Hatta Rajasa, dan Amien Rais.

“Usulan berbagai kalangan itulah kemudian yang disampaikan di tingkat internal PAN. Oleh pimpinan dan pengurus DPP PAN menyambut dengan baik. Semua mendorong agar pak Amien bersedia untuk dicapreskan," pungkasnya.

Sebelumnya, Koalisi Umat Madani (KUM) mendeklarasikan Amien Rais sebagai Calon Presiden RI 2019-2024. Politikus senior Partai Amanat Nasional (PAN) itu diyakini bisa mengalahkan petahana, Joko Widodo. 

"Kami meminta Bapak Amien Rais untuk segera turun gunung guna memenuhi panggilan umat," ujar Pimpinan KUM, Syarwan Hamid dalam deklarasi, di Rumah makan Al Jazeera, Jakarta, Sabtu, 30 Juni 2018.

Mantan Menteri Dalam Negeri era BJ Habibie itu menilai, tak ada tokoh oposisi lain yang bisa mengalahkan Jokowi selain Amien. Untuk itu, dia mengajak tokoh politik dan ulama yang berada di barisan oposisi untuk bersatu mendukung Amien.



(YDH)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id