Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Tingkat Kepercayaan Terhadap Polri Meningkat, Legislator: Usaha Tak Khianati Hasil

Achmad Zulfikar Fazli • 02 Desember 2022 21:48
Jakarta: Anggota Komisi III Moh Rano Alfath mengapresiasi keberhasilan Polri meningkatkan kepercayaan publik. Berdasarkan hasil survei terbaru dari Indikator Politik, kepercayaan publik terhadap Polri menyentuh angka 60 persen.
 
“Alhamdulillah usaha tidak akan mengkhianati hasil, saya sangat mengapresiasi langkah-langkah yang dilakukan oleh Polri, khususnya di bawah komando Pak Kapolri (Jenderal Listyo Sigit Prabowo) yang berhasil memitigasi citra negatif atau persepsi buruk terhadap institusi Bhayangkara," ujar Rano dalam keterangan tertulis, Jumat, 2 Desember 2022. 
 
Tingkat kepercayaan publik terhadap Polri sempat menurun akibat kasus pembunuhan berencana yang dilakukan eks Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo. Saat itu, angka kepercayaan publik kepada Polri terpuruk sampai 50-an persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Meskipun di tengah terpaan cobaan bertubi-tubi, internal Polri tetap kondusif dan fokus untuk menjalankan tupoksinya dengan maksimal,” kata Rano. 
 
Rano menyoroti kinerja Polri yang berkontribusi pada meningkatnya level kepercayaan publik. Misalnya, pada pengamanan KTT G20, top security measure dan manipulasi lalu lintas yang dilakukan Polri membuat perhelatan level internasional itu dapat berjalan lancar.
 
Lalu, pada penanganan gempa di Cianjur, Jawa Barat, banyak anggota Polri ikut turun tangan bahu-membahu dengan warga untuk evakuasi dan mobilisasi bantuan.
 
"Hal ini menunjukkan kedekatan Polri dengan masyarakat yang sebenarnya memang sangat beririsan dalam kehidupan sehari-hari, dan hopefully bisa perlahan memulihkan rasa percaya dan rasa aman masyarakat terhadap kehadiran polisi,” kata dia. 
 

Baca Juga: Legislator Sebut Polri Lebih Maju daripada Institusi Lain


Dia pun meyakini tingkat kepercayaan ini tak akan stagnan. Polri diminta tetap mempertahankan kinerjanya agar publik semakin percaya dengan kerja penegak hukum.
 
“Jangan berpuas diri dengan hasil yang ada, dan selalu jadikan motivasi untuk lebih baik lagi,” ujar Rano.
 
Sebelumnya, Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, mengatakan ada penguatan terkait tingkat kepercayaan atas kerja Polri ketimbang temuan sebelumnya.
 
"Jika pada Agustus 2022 angkanya 54,4 persen, memasuki November menjadi 60,5 persen," ujar Burhanuddin.
 
Dari jumlah 60,5 persen masyarakat yang percaya atas kerja-kerja kepolisian, sebesar 51,8 persen di antaranya masuk kategori cukup percaya. Sementara itu, 8,7 persen lainnya sangat percaya. 
 
"Jika kita bandingkan dengan temuan bulan Agustus, ada peningkatan yang cukup signifikan," ucap dia.
 
Survei ini digelar pada 30 Oktober-5 November 2022 dengan melibatkan 1.220 responden yang ditemui secara tatap muka. Adapun toleransi kesalahan (margin of error) sekitar ±2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.
 
(AZF)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif