Direktur Pencegahan KPK Pahala Nainggolan (kiri)/MI/Susanto
Direktur Pencegahan KPK Pahala Nainggolan (kiri)/MI/Susanto

KPK: Bantuan Dana Parpol bukan untuk Kontestasi

Nasional parpol
Achmad Zulfikar Fazli • 15 September 2017 13:33
medcom.id, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menekankan bantuan dana partai politik dari pemerintah untuk penguatan partai melalui pendidikan politik dan kaderisasi. Dana itu tak boleh digunakan untuk hal lain, terutama di tahun politik.
 
"Bukan untuk kontestasi pilkada dan pileg," tegas Direktur Pencegahan KPK Pahala Nainggolan di DPP PPP, Jalan Tebet Barat IX, Jakarta, Jumat 15 September 2017.
 
Pemerintah menyetujui penaikan bantuan dana partai politik dari Rp108 per suara menjadi Rp1.000 per suara. Menurut Pahala, penggunaan keuangan parpol akan dibagi dua, 50 persen dari pemerintah dan 50 persen internal partai atau sumber lain yang terbuka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pahala menjelaskan, KPK akan membantu parpol memperbaiki sektor keuangan. Selama ini, parpol memiliki masalah yang sama soal keuangan, yakni tidak stabil dan tak jangka panjang.
 
Pembenahan keuangan bakal berpengaruh kepada indeks persepsi korupsi (IPK) Indonesia. "Salah kita membenahi semua hal kalau parpol tidak kita sentuh. IPK kita akan segitu-segitu saja," kata dia.
 

(OJE)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif