Menpan RB Tjahjo Kumolo dalam program NewsMaker yang dipandu Direktur Pemberitaan Medcom.id, Abdul Kohar/Medcom.id/Theofilus.
Menpan RB Tjahjo Kumolo dalam program NewsMaker yang dipandu Direktur Pemberitaan Medcom.id, Abdul Kohar/Medcom.id/Theofilus.

Menpan RB: 10 Lembaga Negara Berpotensi Dibubarkan

Nasional menpan
Theofilus Ifan Sucipto • 13 Agustus 2020 20:17
Jakarta: Sebanyak 10 lembaga negara berpotensi dibubarkan. Saat ini, wacana itu masih tahap pembahasan antara Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) dan Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg).
 
“Setelah 18 (lembaga yang baru dibubarkan), minimal ada 10 lembaga lagi yang bisa dibubarkan,” kata Menpan RB Tjahjo Kumolo dalam program NewsMaker yang dipandu Direktur Pemberitaan Medcom.id, Abdul Kohar, Kamis, 13 Agustus 2020.
 
Meski begitu, Tjahjo belum bisa membeberkan secara gamblang lembaga yang dimaksud. Namun dia memastikan lembaga yang dibubarkan bakal melewati berbagai pertimbangan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tjahjo menyebut salah satu pertimbangannya soal penerimaan bantuan dari luar negeri. Sebab, kementerian tidak boleh menerima bantuan langsung dari luar negeri.
 
Baca:Pembubaran Lembaga Dianggap Desain Besar Penataan Birokrasi
 
Misalnya, kata Tjahjo, Badan Restorasi Gambut (BRG) yang bisa diintegrasikan dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Bantuan yang selama ini diterima BRG harus dibahas agar tidak melanggar peraturan, jika terintegrasi dengan KLHK.
 
Kemudian Badan Pemberdayaan Perbatasan yang bisa memangkas empat eselon I. Pertimbangannya adalah menyiapkan Direktorat Jenderal yang bisa diintegrasikan.
 
“Tinggal nanti kita olah dampak politisnya gimana. Tapi anggaran dan pegawai tidak masalah karena bisa (diintegrasikan) ke kementerian-kementerian,” tutur mantan Menteri Dalam Negeri itu.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif