Presiden Joko Widodo. Antara/Sigid Kurniawan
Presiden Joko Widodo. Antara/Sigid Kurniawan

Jokowi Bahas Peta Jalan Pendidikan 2020-2035

Nasional pendidikan
Nur Azizah • 04 Juni 2020 14:24
Jakarta: Presiden Joko Widodo membahas peta jalan pendidikan 2020-2035. Peta ini untuk mengantisipasi perubahan besar-besaran di beragam sektor.
 
"Mulai dari disrupsi teknologi yang berdampak pada semua sektor, penerapan otomatisasi, artificial intelligence, big data, dan internet of things," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis, 4 Juni 2020.
 
Peta jalan pendidikan ini juga untuk mengantisipasi perubahan demografi, perubahan lingkungan, dan profil sosio-ekonomi Indonesia. Termasuk perubahan dalam pasar tenaga kerja yang lebih fleksibel.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Begitu juga dengan perubahan struktural yang sangat cepat akibat pandemi covid-19 yang kita alami sekarang ini," ujarnya.
 
Baca: Pemerintah Siapkan Tiga Peta Jalan Pemajuan Pendidikan
 
Adanya covid-19, membuat sistem pendidikan di Tanah Air bergeser. Contohnya, mulai ada pembelajaran jarak jauh, percepatan digitalisasi, maupun less contact economy.
 
Banyak negara di dunia sudah mulai mengadaptasi sistem pendidikan baru. Pendidikan prasekolah, pendidikan dasar, menengah, vokasi, hingga perguruan tinggi berusaha memenuhi perubahan kebutuhan.
 
"Untuk itu, ada beberapa hal yang ingin saya tekankan untuk jadi perhatian kita semuanya. Pertama, cara bekerja masa depan akan jauh berbeda dengan yang kita alami hari ini," ujarnya.
 
Mantan Wali Kota Solo ini juga menekankan pembentukan sumber daya manusia yang unggul di masa depan yang tak lagi berdasarkan ilmu masa lalu. Daya saing yang baik ditentukan dengan peta jalan masa depan.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif