Presiden Joko Widodo. Antara/Sigid Kurniawan
Presiden Joko Widodo. Antara/Sigid Kurniawan

Jokowi Perintahkan Kenaikan Harga Bahan Pokok Ditelusuri

Nasional harga sembako Virus Korona virus corona
Theofilus Ifan Sucipto • 13 Mei 2020 10:23
Jakarta: Presiden Joko Widodo memerintahkan kenaikan harga bahan pokok selama pandemi virus korona (covid-19) ditelusuri. Harga sejumlah bahan pokok jauh melebihi harga acuan.
 
Misalnya, harga rata-rata bawang merah nasional mencapai Rp51 ribu per kilogram dari harga acuan Rp32 ribu per kilogram. Kemudian harga gula pasir mencapai Rp17,5 ribu per kilogram dari acuan Rp12,5 ribu per kilogram.
 
“Saya ingin dilihat masalahnya ada di mana. Apakah distribusi atau stok kurang atau ada sengaja yang mempermainkan harga,” kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu, 13 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jokowi kembali mengingatkan imbauan Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) soal ancaman krisis pangan. Dia ingin stok, distribusi, dan konsumsi bahan pangan tetap terjaga selama pandemi korona.
 
“Saya minta betul-betul cek di lapangan sehingga harga terkontrol dan masyarakat bisa mengonsumsi,” tegas Jokowi.
 
Baca: Juni, Harga Bawang Merah Diprediksi Normal
 
Kementerian Pertanian (Kementan) memprediksi harga bawang merah akan kembali normal mulai Juni. Produksi panen di bulan tersebut yang akan surplus atau melebihi perkiraan kebutuhan.
 
Direktur Jenderal Hortikultura Kementan Prihasto Setyanto mengakui bahwa harga bawang merah di tingkat konsumen relatif tinggi karena produksi komoditas tersebut pada Mei ini minus sebesar 3.782 ton dari perkiraan kebutuhan.
 
"Juni sudah mulai ada sedikit panen. Insyaallah Juni kita ada surplus sekitar 5.296 ton," kata Prihasto di Jakarta, dikutip dari Antara, Selasa, 12 Mei 2020.
 

(SUR)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif