Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Pembahasan Lingkungan dan Investasi RUU Ciptaker Harus Selaras

Nasional lingkungan hidup investasi Omnibus Law
Theofilus Ifan Sucipto • 12 Mei 2020 19:32
Jakarta: Pemerintah Indonesia dan DPR diminta meninjau ulang pembahasan masalah lingkungan dan investasi pada Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja (RUU Ciptaker). Keberadaa kedua masalah itu dalam satu UU dinilai berpotensi berbenturan.
 
“Menempatkan perlindungan lingkungan dan investasi dalam satu paket dapat dikategorikan berbahaya, karena satu subjek tersebut dapat mendominasi lainnya,” kata Profesor Institut Penelitian Hukum Lingkungan Universitas Wuhan, Ben Boer, dalam teleconferencediJakarta, Selasa, 12 Mei 2020.
 
Ben menyebut RUU Ciptaker menggabungkan banyak aturan. Artinya, kata dia, satu dokumen yang berisi paket aturan mengenai banyak hal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ben menilai perlu perlakuan khusus agar pembahasan lingkungan dan investasi berjalan mulus. Pemerintah Indonesia, kata dia, harus fokus meningkatkan peluang kerja dan perlindungan lingkungan yang baik.
 
“Ini semua perlu melalui hukum koheren dan terintegrasi,” ujar mantan profesor Universitas Sydney, Australia itu.
 
Baca: Lingkungan Hidup Sama Penting dengan Kesejahteraan Negara
 
Sejumlah ahli memberi masukan pada pembahasan RUU Ciptaker. Rancangan itu dinilai berpeluang membuka keran investasi agar segera masuk Indonesia.
 
“Kalau pemerintah mau cepat-cepat mendatangkan investasi dan usaha di awal, kita harus benar-benar monitor dan penegakan hukum yang kuat,” kata Kepala Kajian Ekonomi Lingkungan Hidup Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Alin Halimatussadiah.
 
Alin menyebut proses cepat kerap melupakan hal yang tepat. Dia mengimbau pemerintah tidak hanya fokus untuk menghadirkan investasi ke Indonesia.
 
“Bikin analisis biaya-manfaat dan mencakup kesehatan, lingkungan hidup, dan lain-lain,” ujarnya.
 

(AZF)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif