Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni. Dok. DPR.
Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni. Dok. DPR.

Instruksi Kapolri Menanggulangi Penyebaran PMK Dinilai Bentuk Respons Cepat

Nasional pangan Hewan Ternak DPR RI Kapolri Listyo Sigit Prabowo
Anggi Tondi Martaon • 13 Mei 2022 20:29
Jakarta: Langkah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan jajarannya ikut mengawasi penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak didukung. Instruksi tersebut dianggap bentuk respons cepat Polri menyikapi persebaran PMK.
 
“Saya mendukung penuh instruksi yang disampaikan Kapolri terkait upaya pencegahan dan pengawasan wabah PMK ini," kata Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni melalui keterangan tertulis, Jumat, 13 Mei 2022.
 
Politikus Partai NasDem itu menilai perlu penanganan khusus menghadapi PMK. Pasalnya, penyakit tersebut menyebar cukup cepat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Antisipasi PMK, Pemkab Malang Tutup Sementara Pasar Hewan
 
Sahroni menyampaikan awalnya penyakit tersebut hanya ditemukan di Jawa Timur. Beberapa hari kemudian, penyakit PMK sudah ditemukan di Aceh hingga Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).
 
"Tentu bila tidak ada gerak cepat yang dilakukan, wabah ini akan semakin luas penyebarannya," ungkap dia.
 
Legislator asal Tanjung Priok itu menyebut penyebaran PMK perlu perhatian khusus. Pasalnya, sangat mengganggu kestabilan pangan.
 
Sahroni berharap adanya instruksi Kapolri bisa membantu menjaga kondusifitas suasana dan kestabilan harga pangan. Terutama suplai hewan kurban menjelang Iduladha.
 
Nantinya, instruksi tersebut bakal dijalankan oleh seluruh Polda yang bekerja sama dengan dinas peternakan daerah. Diharapkan, langkah Polri tersebut bisa membantu mencegah pergeseran penularan penyakit tersebut ke luar wilayah dan dampaknya.
 
"Jadi bisa terjaga dengan baik. Karena ini akan sangat berkaitan dengan persoalan pangan, selain itu juga pengendalian harga di pasar, hingga nasib para peternak kita yang sudah sangat menunggu momen lebaran Iduladha,” ujar dia.
 
Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo menerbitkan telegram dengan nomor STR/395/OPS/2022 tanggal 11 Mei 2022 tentang arahan dalam rangka darurat penanganan PMK. Seluruh Polda dan jajarannya diminta melakukan upaya pencegahan dan pengawasan terhadap wabah tersebut.
 
(DEV)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif