Metafora Sandiaga Hatta Bunga Demokrasi

Arga sumantri 25 Oktober 2018 19:02 WIB
pilpres 2019Jokowi-Ma`ruf
Metafora Sandiaga Hatta Bunga Demokrasi
Sekretaris Jenderal PPP Arsul Sani. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.
Jakarta: Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo,  Arsul Sani, enggan menanggapi ucapan Dahnil Ahzar Simanjuntak yang menyamakan Sandiaga Uno dengan proklamator Bung Hatta. Bagi Arsul, itu hanya bagian dari ekspresi berdemokrasi.
 
"Kita anggap saja sebagai bunga-bunga demokrasi," kata Arsul di Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Kamis, 25 Oktober 2018.
 
Menurut Arsul, hal itu tak perlu dibuat gaduh. Ia mengajak seluruh pihak menahan diri dari ujaran-ujaran kebencian dan fitnah.
 
"Enggak usah juga yang begitu kita sauti dengan penuh ujaran kebencian fitnah dan sebagainya," ujarnya.
 
Pengamat komunikasi politik Universitas Indonesia Ari Junaedi menilai pernyataan Dahnil sebagai bentuk sesat berpikir. Menurutnya itu kesalahan besar yang dilakukan tim kampanye Prabowo-Sandi.
 
"Karuan saja, publik membully bahkan menyebut kesalahan besar menyejajarkan tokoh kaliber internasional seperti Bung Hatta dengan 'anak kemari sore' seperti Sandiaga Uno," kata Ari dalam keterangan tertulisnya.
 
Ari membaca dua hal dari pernyataan Ketua Pemuda Muhammadiyah itu. Pertama, ia menilai ada kedangkalan berpikir Dahnil. Terutama, kelemahan dalam aspek komparasi tokoh dan sejarah bangsa.
 
"Sehingga blunder dalam mengeluarkan pernyataan yang sesat," ucap peraih penghargaan World Custom Organization tahun 2014 di bidang tata laksana komunikasi ini.

Baca: Cucu Bung Hatta: Narasi Oposisi Basi

Ari membaca kubu Prabowo-Sandi sedang memainkan strategi playing victim. Reaksi negatif dari masyarakat, maka tujuan strategi itu telah tercapai.
 
"Sandi lagi-lagi menjadi 'korban' dari cibiran publik. Sangat disayangkan sebagai mantan akademisi, Dahnil Azhar ada di kubangan kotor ini," ungkapnya.
 
Sebelumnya Cucu Bung Hatta, Gustika Jusuf Hatta, protes atas pernyataan koordinator juru bicara Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga, Dahnil Anzar Simanjutak. Dalam video yang diunggah di media sosial, Dahnil mengatakan Sandiaga merupakan representasi dari sosok baru Bung Hatta.





(FZN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id