Ilustrasi survei/Lampost.co
Ilustrasi survei/Lampost.co

Survei: PDIP-Gerindra Unggul, Golkar Terlempar ke 5 Besar

Nasional parpol partai politik PDIP Partai Gerindra survei Pemilu 2024 Pilpres 2024
Al Abrar • 15 Mei 2022 14:29
Jakarta: Papan atas elektabilitas partai politik masih dikuasai dua partai utama pemerintah, yaitu PDIP dan Gerindra. Temuan survei Indometer menunjukkan PDIP masih unggul dengan elektabilitas 18,4 persen, diikuti Gerindra 12,2 persen. 
 
Golkar yang biasanya di peringkat tiga atau empat kini melorot ke lima besar, dengan elektabilitas 5,6 persen.
 
“Elektabilitas PDIP-Gerindra unggul, sedangkan Golkar terlempar ke lima besar,” ungkap Direktur Eksekutif lembaga survei Indometer, Leonard SB dalam keterangan tertulisnya Minggu, 15 Mei 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Kemenangan Prabowo-Puan Bergantung Lawan di Pilpres 2024
 
Peringkat ketiga diduduki oleh PKB (8,1 persen), disusul Demokrat (5,8 persen). Dibandingkan dengan PDIP dan Gerindra, atau bahkan PKB, anjloknya elektabilitas Golkar sebagai bagian dari koalisi pemerintah patut menjadi perhatian.
 
Selama ini Golkar selalu berada di pemerintahan, dan tiap pemilu menduduki peringkat pertama atau kedua. Pada pemilu 2019, Golkar tergeser ke peringkat ketiga, tetapi raihan kursi di DPR tetap kedua terbanyak.
 
“Turunnya elektabilitas Golkar berkorelasi dengan stagnannya ketua umum Airlangga Hartarto dalam bursa calon presiden,” jelas Leonard.
 
Menurut dia, bursa capres dikuasai oleh nama-nama seperti Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan, sementara elektabilitas Airlangga tertinggal jauh di papan bawah. Dibandingkan dengan Puan Maharani misalnya, nasib Airlangga dan Golkar masih tidak menentu. 
 
Sejak jauh-jauh hari PDIP dan Gerindra mewacanakan pasangan Prabowo-Puan untuk diusung pada Pilpres 2024 mendatang. Demikian pula dengan PKB yang menyodok ke peringkat ketiga, meskipun elektabilitas ketua umumnya Muhaimin Iskandar juga rendah.
 
“Jika ingin tetap mengusung Airlangga sebagai capres, Golkar harus menggandeng figur dengan elektabilitas tinggi, seperti Ganjar atau Anies,” ujar Leonard.
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif