Diskusi soal hoaks dan radikalisme, Rabu, 20 November 2019/Medcom.id/Ilham Pratama
Diskusi soal hoaks dan radikalisme, Rabu, 20 November 2019/Medcom.id/Ilham Pratama

Hoaks Diprediksi Berkembang Biak pada Pilpres 2024

Nasional radikalisme hoax
Ilham Pratama Putra • 20 November 2019 18:09
Jakarta: Staf Ahli Kemkominfo Hendri Subaktio menyebut penangkalan hoaks harus lebih gencar. Ia memprediksi hoaks berkembang biak pada Pilpres 2024.
 
"Kalau di 2024 Pilpres masih seperti 2019, hoaks makin banyak. Mereka simpatisan yang belum selesai," kata Hendri di Hotel Sentral, Jakarta Pusat, Rabu 20 November 2019.
 
Menurut dia, kolaborasi kelompok buzzer sangat berbahaya. Kelompok buzzer masih akan terus memproduksi politik identitas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hoaks sudah menjadi bagian politik yang dapat mendongkrak maupun menurunkan elektabilitas lawan. Buzzer bahkan mendapat bayaran menyebar hoaks.
 
"Saat dibayar, jadilah mereka politik ekonomi pula. Buzzer itu politik dan massa melawan pemerintah, dan dari penelitian juga, di pemerintah enggak ada saya lihat punya buzzer," beber Hendri.
 
Penyebar hoaks saat ini diindikasikan berasal dari suatu kelompok pembenci pemerintah. Kelompok lainnya, mereka yang secara personal membenci Presiden Joko Widodo (Jokowi).
 
"Mereka masih ingin ganggu pemerintahan. Mungkin memang musuh dari negara, transnasional yang merasa terpinggirkan oleh pemerintah Jokowi. Dan orang yang terlanjur benci dengan Jokowi. Mereka benci pemimpinnya sudah bersatu," ungkap dia.
 
Hendri memandang menangkap penyebaran hoaks bisa melalui cara sederhana. Salah satunya, mayarakat lebih mawas diri menanggapi informasi, terutama informasi sosial media yang minim konfirmasi.
 
"Fenomena ini jadi serius, sosial media itu sudah dilihat sebagai perang. Bahkan jika Anda ingin menang kompetisi mana pun, maka sosial media sudah sangat berpengaruh hari ini," beber dia.
 

(OJE)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif