Menko Polhukam Mahfud MD. Foto: Medcom.id/ Hasan
Menko Polhukam Mahfud MD. Foto: Medcom.id/ Hasan

Mahfud Ajak Masyarakat Teladani Sosok Gus Dur

Nasional mahfud md
Kautsar Widya Prabowo • 24 November 2019 03:00
Jombang: Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan banyak hal yang dapat diteladani dari sosok mantan Presiden Republik Indonesia ke-4 Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.
 
Mahfud mengatakan Gus Dur dikenal sebagai sosok nasionalis yang merangkul setiap perbedaan di tanah air. Gus Dur, kata Mahfud, merupakan sosok yang memegang teguh pluralisme.
 
"Dia (Gus Dur) adalah demokrat, adalah nasionalis sejati. Bapak pluralisme yang mengutamakan kebersamaam dalam perbedaan," ujar Mahfud, seperti dilansir dari Antara, Minggu, 24 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Gus Dur, menurut Mahfud berpandangan jika perbedaan merupakan ciptaan Tuhan, sehingga perbedaan akan terjadi sepanjang masa. Selain itu, dalam sudut pandang agama, Gus Dur merupakan pejuang demokrasi Islam yang membuat Islam ramah terhadap perbedaan agama lain.
 
Oleh sebab itu, Mahfud mengajak masyarakat dapat meneladani sosok Gus Dur. Hal tersebut bisa menjadi cerminan untuk mewujudkan persatuan bangsa.
 
"Saya ingin membawa pesan ini ke masyarakat, saya ke sini makam (Gus Dur) mudah-mudahan memberi pesan simbolik," tutur dia.
 
Lebih lanjut, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) meminta umat Islam saling menghormati dan saling menghargai orang lain dan tidak mudah diadu domba. Termasuk ketika dikonfirmasi terkait rencana kegiatan reuni alumni 212 di Jakarta, ia meminta hal itu tidak dibesar-besarkan.
 

(SCI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif