Presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo dan Ma'ruf Amin. MI/Ramdani.
Presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo dan Ma'ruf Amin. MI/Ramdani.

MPR Usul Pelantikan Presiden Pukul Dua Siang

Nasional pelantikan presiden
Whisnu Mardiansyah • 09 Oktober 2019 16:24
Jakarta: Rapat pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) membahas waktu pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih 2019-2024. MPR mengusulkan pelantikan digelar pukul 14.00 WIB, Minggu, 20 Oktober 2019.
 
"Kita sepakat untuk mengusulkan nanti baik kepada Kesetjenan MPR, maupun Protokol Istana, baik juga kepada Presiden untuk dilakukan jam 14.00," kata Ketua MPR Bambang Soesatyo di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu, 9 Oktober 2019.
 
Bamsoet mengatakan usulan diberikan karena pelantikan presiden jatuh pada akhir pekan. MPR tak ingin mengganggu aktivitas masyarakat seperti car free day dan ibadah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


MPR awalnya menawarkan pilihan pelantikan digelar pukul 16.00 WIB. Tapi, waktu itu dinilai berdekatan dengan ibadah salat Maghrib. Pukul 14.00 WIB dinilai jadi pilihan terbaik.
 
"Karena car free day berakhir jam 11, kemudian ibadah juga bisa selesai jam 12.00-an jam 1, kita juga yang muslim selesai salat zuhur," terang Bamsoet.
 
Pimpinan MPR akan mengunjungi dua kontestan dalam Pilpres 2019, Joko Widodo dan Prabowo Subianto, menjelang pelantikan. Mereka juga akan menyambangi Presiden kelima Indonesia Megawati Soekarnoputri dan Presiden keenam Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif