Wakil Ketua Umum DPP Partai NasDem Ahmad Ali. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.
Wakil Ketua Umum DPP Partai NasDem Ahmad Ali. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.

NasDem Buka Peluang Usung Tokoh Luar Partai di Pilkada 2020

Nasional Partai NasDem Pemilu Serentak 2020
Fachri Audhia Hafiez • 14 Desember 2019 07:21
Bengkulu: Partai NasDem membuka peluang bagi tokoh-tokoh terbaik bangsa untuk menjadi calon kepala daerah (Cakada) dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020. Artinya, NasDem tidak melulu mencalonkan tokoh incumbent.
 
"Insyaallah kita betul-betul mencalonkan tokoh masyarakat, cendikiawan atau siapa pun yang betul-betul diharapkan masyarakat," kata Wakil Ketua Umum DPP NasDem Ahmad Ali saat menggelar rangkaian acara konsolidasi partai di Bengkulu, Jumat, 13 Desember 2019.
 
Ali mencontohkan, Wakil Gubernur Bengkulu Dedy Ermansyah yang juga merupakan politisi NasDem belum tentu dicalonkan dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Bengkulu 2020. Pasalnya, partai terlebih dahulu melihat sejauhmana rakyat menghendaki pencalonan tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau partai menjamin itu tapi rakyat tidak mau, mau jadi apa? Kan sudah dikasih kesempatan oleh rakyat untuk jadi Wagub. Buktikan kau layak untuk itu (mengikuti Pilgub 2020), nanti masyarakat yang menilai itu," tegas Ali.
 
Untuk mencari tokoh-tokoh yang diharapkan masyarakat itu, NasDem akan mengandalkan lembaga survei. Melalui lembaga survei, tokoh yang punya pengaruh di masyarakat bakal terlihat. Itu juga mempermudah NasDem untuk menentukan siapa yang akan menjadi cakada.
 
"Saya pikir lembaga survei itu adalah satu-satunya alat yang kita bisa percaya untuk mengukur apa keinginan masyarakat ke depan," ujar Ketua Fraksi di DPR ini.
 
Bengkulu akan menggelar Pilkada di delapan kabupaten, yakni Kabupaten Seluma, Kabupaten Kaur, Kabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Kepahiang, Kabupaten Mukomuko, Kabupaten Bengkulu Selatan, Kabupaten Bengkulu Utara, dan Kabupaten Lebong. Kemudian Provinsi Bengkulu juga akan menggelar Pilgub pada 2020.
 

(HUS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif