Ilustrasi. Antara/Muhammad Iqbal
Ilustrasi. Antara/Muhammad Iqbal

Masyarakat Tak Perlu Mengkhawatirkan Pemulangan 285 WNI

Nasional Virus Korona virus corona
Anggi Tondi Martaon • 15 Februari 2020 14:53
Jakarta: Masa observasi 285 Warga Negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Hubei, Tiongkok, telah rampung. Mereka dipulangkan dari Natuna setelah mendapat Surat Keterangan Sehat (SKS).
 
"Jadi kami komisi IX memohon kepada masyarajat ga perlu lah ada tindakan berlebihan atau cara-cara yang tidak manusiawi," kata Ketua Komisi IX DPR Felly Estelita Runtuwene kepada Medcom.id. Sabtu, 15 Februari 2020.
 
Menurutnya, peserta sudah melewati tahap observasi selama 14 hari di Natuna. Karantina terhadap mereka juga sudah sesuai dengan ketentuan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ga usah terlalu khawatir karena mereka sudah melewati proses yang ditentukan dan betul-betul sudah dipastikan ketika mereka dilepas itu sudah tidak ada urusan lagi dengan namanya virus," ujar dia.
 
Masyarakat Tak Perlu Mengkhawatirkan Pemulangan 285 WNI
Para WNI yang dikarantina di Natuna. Foto: Antara/Muhammad Adimaja
 
Terpisah, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyebut sudah ada 'stempel' dari pemerintah terkait status kesehatan 285 WNI. Pihaknya telah memberikan surat keterangan sehat dan tak terpapar virus korona.
 
"Sudah selesai, begitu observasi selesai menurut WHO sudah enggak ada apa-apa ya diberikan," kata Terawan.
 
Surat tersebut berfungsi memaparkan kondisi 285 WNI jika warga di daerah mempertanyakan status kesehatan mereka. Sekaligus tiket bagi para warga untuk memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat.
 
"Itu bentuk tanggung jawab kami, kalau dia masuk angin dan lain-lain, kalau dia cemas, ya Dinas Kesehatan di daerah memeriksa," kata Terawan.
 
Sebanyak 285 orang yang dipulangkan terdiri atas 238 WNI yang tinggal di Provinsi Hubei, 1 WNA (suami dari WNI), 5 anggota tim pendahulu KBRI Beijing, dan 42 orang dari tim penjemput termasuk kru pesawat dan petugas kesehatan.
 

 

(ADN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif