Rizieq Shihab saat mengikuti sidang perkara penodaan agama dengan terdakwa Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Gedung Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan. Foto: MI/Ramdani.
Rizieq Shihab saat mengikuti sidang perkara penodaan agama dengan terdakwa Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Gedung Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan. Foto: MI/Ramdani.

BIN Bantah Terlibat Pencekalan Rizieq Shihab oleh Arab

Nasional pornografi
Achmad Zulfikar Fazli • 28 September 2018 15:51
Jakarta: Badan Intelijen Negara (BIN) membantah terlibat dalam pencekalan terhadap pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab (HRS) oleh Arab Saudi. Kabar keterlibatan BIN dalam perkara itu dianggap sebagai informasi bohong atau hoaks.
 
"Pemerintah Indonesia justru ingin agar HRS segera kembali ke Tanah Air guna menuntaskan masalahnya. Makin cepat kembali ke Tanah Air akan lebih baik," kata juru bicara BIN Wawan Purwanto, Jumat, 28 September 2018.
 
Wawan menegaskan isu cekal oleh Arab Saudi sama sekali tidak ada hubungannya dengan BIN dan Pemerintah Indonesia. Pencekalan adalah otoritas negara berdaulat, bukan atas permintaan ataupun tekanan negara lain.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pemerintah Saudi menyatakan tidak ada masalah dengan HRS dan tidak pernah mencekal, hal ini sudah jelas. Tidak perlu menuding BIN, Polri, maupun Kemenlu (Kementerian Luar Negeri)," ucap dia.
 
Dia mengimbau Rizieq segera menyelesaikan masalahnya. Sehingga tak ada spekulasi yang berlarut-larut
 
BIN, jelas dia, bertugas melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia. Dalam hal ini, kata dia, BIN juga harus menjaga keselamatan Rizieq.
 
Baca: Izin Tinggal Rizieq Shihab di Arab Saudi Sudah Habis
 
Menurut dia, BIN tidak pernah membatasi kegiatan Rizieq, baik di Indonesia, Saudi maupun di negara lain yang dikunjungi. BIN juga tak mempersoalkan pertemuan Rizieq dengan sejumlah tokoh di Saudi.
 
"BIN tidak mempersoalkan afiliasi politik HRS, sebab sebagai negara demokratis maka HRS bebas menentukan arah pilihan politiknya. Berbagai tuduhan kepada BIN hanya opini dan itu hoaks," tegas dia.
 
Rizieq dilaporkan tak bisa keluar dari Arab Saudi ketika hendak pergi ke Malaysia untuk mengurus disertasinya. Wakil Ketua DPR Fadli Zon menilai Rizieq dicekal dan ada andil dari pemerintah.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif