Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Perppu 1/2020 Dinilai Tak Fokus pada Penanganan Covid-19

Nasional Virus Korona
Sri Yanti Nainggolan • 18 Mei 2020 05:00
Jakarta: Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2020 dinilai tak fokus pada penanganan dampak covid-19. Buktinya, anggaran untuk kesehatan sangat sedikit.
 
"Dari Rp405 triliun yang dikeluarkan, untuk kesehatan hanya Rp75 triliun. Tak sampai 19 persen. Ini kan dagelan," ujar pengamat legislasi Dwi Triyono dalam webinar KOPEL Indonesia, Minggu, 17 Mei 2020.
 
Dia menilai pemerintah tak serius dalam penanganan dampak covid-19. "Ini judulnya Perppu banyak yang terkecoh," kata dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia melihat alokasi terbesar ialah untuk pemulihan ekonomi nasional. Padahal, sektor kesehatan sangat penting dalam mengatasi masalah pandemi covid-19.
 
"Saya tak menganggap ekonomi tak penting, tapi dalam Perppu ini kesehatan bukan fokus," ucap dia.
 
Baca: ICW Sebut Perppu Covid-19 Berpotensi Picu Korupsi
 
Perppu Nomor 1 Tahun 2020 mengatur tentang kebijakan keuangan negara dan stabilitas sistem keuangan untuk penanganan covid-19.
 
Dana yang digelontorkan untuk penanganan covid-19 mencapai Rp405,1 triliun. Anggaran itu dibagi untuk empat bidang, yaitu bidang kesehatan sebesar Rp75 triliun, program jaring pengaman sosial Rp100 triliun, insentif perpajakan dan stimulus Kredit Usaha Rakyat Rp70,1 triliun, dan pembiayaan program pemulihan ekonomi nasional Rp150 triliun.
 

(AZF)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif