Pencucian Ka'bah dilakukan dengan pemananan yang ketat, Makkah, Arab Saudi, Selasa, 25, september 2018. Foto: Metro TV/Lalita Ganda Putri
Pencucian Ka'bah dilakukan dengan pemananan yang ketat, Makkah, Arab Saudi, Selasa, 25, september 2018. Foto: Metro TV/Lalita Ganda Putri

Menag Optimistis Arab Saudi Tambah Kuota Haji

Nasional ibadah haji
Kautsar Widya Prabowo • 18 Februari 2020 18:45
Jakarta: Menteri Agama Fachrul Razi optimistis pemerintah Arab Saudi menambah kuota haji Indonesia pada 2020. Sinyal penambahan kuota dia rasakan saat berbincang dengan pejabat Arab Saudi.
 
"Kalau melihat body language-nya sepertinya diizinkan. Apalagi saya sudah minta bantuan Pak Presiden Joko Widodo untuk bisa membantu," kata Fachrul dalam konferensi pers, di Kementerian Agama, Jakarta Pusat, Selasa, 18 Februari 2020.
 
Menurut dia, berkaca pada pelaksanaan ibadah haji sebelumnya, pemerintah Arab Saudi pernah memberikan tambahan kuota. Namun, kuota diberikan secara tiba-tiba.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sehingga kita mengalami kesulitan," tutur dia.
 
Kendati demikian, Fahrul belum dapat memastikan apakah penambahan kuota 10 ribu dikabulkan. Pasalnya, belum ada keputusan akhir dari pemerintah Arab Saudi.
 
Pemerintah berupaya menambah 10 ribu kuota jemaah haji kepada Arab Saudi. Berbagai aspek penunjang jemaah telah disiapkan bila penambahan direstui.
 
Menag Optimistis Arab Saudi Tambah Kuota Haji
Menteri Agama Fachrul Razi dalam konferensi pers, di Kementerian Agama, Jakarta Pusat, Selasa, 18 Februari 2020. Foto: Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo
 
Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi telah menyampaikan permohonan penambahan kuota kepada komite setempat. Kuota haji Indonesia tidak berubah tetap 221 ribu pada 2020.
 
Kemenag telah bersiap dari sisi penganggaran bila ada penambahan kuota. Sumber daya manusia (SDM) yang mendampingi jemaah juga telah digodok dengan matang.
 
"Jadi ada dua pola, yang satu opsi tambahan jemaah itu masuk, berarti 231 ribu jemaah atau 221 ribu jemaah. Jadi kita enggak ada masalah, jadi dari segi pembiayaan kita mampu lakukan," kata Direktur Jenderal (Ditjen) Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, Nizar Ali,kepada Media Group News, Senin, 10 Februari 2020.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif