Tim gabungan bersama warga Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah melakukan pengecekan benda atau serpihan yang diduga bangkai pesawat terbang yang ditemukan di perairan Kumai, Selasa (5/1/2020). ANTARA/HO-Humas Polda Kalteng
Tim gabungan bersama warga Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah melakukan pengecekan benda atau serpihan yang diduga bangkai pesawat terbang yang ditemukan di perairan Kumai, Selasa (5/1/2020). ANTARA/HO-Humas Polda Kalteng

Kemhan Diminta Bantu Penyelidikan Serpihan Roket Tiongkok

Nasional pesawat hilang pesawat jatuh DPR RI Kementerian Pertahanan
Anggi Tondi Martaon • 06 Januari 2021 13:51
Jakarta: Pihak berwwajib memeriksa serpihan yang ditemukan di Perairan Kumai, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah (Kalteng), yang diduga bangkai roket milik Tiongkok. Kementerian Pertahanan (Kemhan) dan TNI diminta ikut membantu penyelidikan.
 
"Agar peristiwa (temuan serpihan bangkai roket) ini dapat dijelaskan secara terang benderang," kata anggota Komisi I DPR Willy Aditya saat dihubungi, Rabu, 6 Januari 2021.
 
Serpihan tersebut tengah diselidiki Polda Kalteng. Willy berharap masyarakat tidak berspekulasi dan menyebarkan informasi seputar temuan serpihan tersebut hingga ada pernyataan resmi dari pihak berwajib.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Beri kesempatan aparat kepolisian dan aparat terkait lainnya untuk melakukan investigasi seksama agar informasi yang di dapat benar-benar utuh dan jelas," kata politikus Partai NasDem ini.
 
Baca: Serpihan Bangkai Pesawat di Kalteng Ternyata Roket Milik Tiongkok
 
Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR itu juga meminta pihak terkait mengedukasi publik dengan informasi positif. Di antaranya, menjelaskan penyebab serpihan bangkai roket tersebut bisa terdampar di perairan Kumai.
 
Polda Kalteng beserta tim gabungan sejumlah lembaga memeriksa benda yang ditemukan di perairan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat. Hasil temuan sementara, serpihan tersebut diduga sebuah roket milik Tiongkok yang meledak di langit.
 
Dugaan serpihan tersebut bangkai pesawat atau roket milik Tiongkok itu muncul dari temuan lambang pada sisi luar serpihan. Tulisan CNSA dikelilingi gambar padi yang merupakan lambang China National Aerospace Administration tersebut memperkuat dugaan penyidik.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif