Presiden Joko Widodo. Dokumentasi Medcom
Presiden Joko Widodo. Dokumentasi Medcom

Jokowi: Vaksin Covid-19 Harus Aman dan Efektif

Nasional Virus Korona presiden jokowi pandemi covid-19 vaksin covid-19
Theofilus Ifan Sucipto • 26 Oktober 2020 16:23
Jakarta: Presiden Joko Widodo mengingatkan agar vaksin covid-19 harus aman dan efektif. Ini penting agar kepercayaan publik soal manfaat vaksin meningkat.
 
"Saya minta pengadaan dan pelaksanaan vaksinasi betul-betul dipastikan keamanan dan keefektifannya," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin, 26 Oktober 2020.
 
Jokowi tidak ingin ada masalah sekecil apapun dalam pengadaan dan proses vaksinasi. Dia meminta pengembangan vaksin berdasarkan data saintifik dan menampung masukan dari pakar kesehatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jangan sampai kita tergesa-gesa ingin vaksinasi sehingga kaidah-kaidah saintifik standar kesehatan ini dinomorduakan. Tidak bisa," tegas Kepala Negara.
 
Jokowi tidak ingin masyarakat menilai pemerintah terburu-buru memproduksi dan mendistribusikan vaksin. Menurut dia, proses memang perlu dilakukan dengan cepat namun harus tepat dan akurat.
 
"Perlu kecepatan karena semua negara tengah berlomba memperoleh vaksin secepat-cepatnya agar warga cepat pulih dan ekonomi bangkit," tutur mantan Gubernur DKI Jakarta itu.
 
Baca: Jokowi Pamer Hasil Kerja Keras Penanganan Covid-19
 
Vaksin covid-19, kata Jokowi, harus terjangkau seluruh lapisan masyarakat. Apalagi jumlah penduduk Indonesia mencapai lebih dari 260 juta orang dan tersebar dari Sabang sampai Merauke.
 
"Saya minta harganya bisa terjangkau. Dikalkulasi dan dihitung dengan cermat, disiapkan aturannya sejak sekarang," kata Jokowi.
 
Jokowi meminta para menteri menjelaskan pada publik soal proses dan manfaat vaksin serta alasan ada kelompok prioritas vaksinasi. Dia tidak ingin publik salah paham soal upaya pemerintah memerangi virus berbahaya itu.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif