Pembahasan RUU Bukan Hanya Tugas DPR RI

Anggi Tondi Martaon 15 Agustus 2018 21:20 WIB
berita dpr
Pembahasan RUU Bukan Hanya Tugas DPR RI
Ilustrasi: Gedung MPR/DPR RI (Foto:MI/Susanto)
Jakarta: Salah satu tugas dan fungsi DPR RI yaitu pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU). Namun, pembahasan tidak bisa dilakukan sendiri

Sekretaris Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Indra Iskandar mengatakan, proses pembahasan RUU merupakan tanggung jawab antara DPR RI dan pemerintah. Ketentuan tersebut diatur dalam Pasal 5 dan Pasal 20 UUD NRI 1945.

“Yang paling penting dan utama adalah menghasilkan undang-undang yang berkualitas dan secara langsung memberikan solusi dan payung hukum bagi permasalahan rakyat, baik di bidang hukum, ekonomi, sosial, politik, dan kesejahteraan masyarakat secara umum,” kata Indra dalam keterangan tertulis, Rabu, 15 Agustus 2018.


Selain itu, Indra juga menyampaikan bahwa pembahasan RUU melihat dinamika yang terjadi di lapangan. Menurutnya, DPR RI tetap memberi ruang bagi masyarakat untuk menyampaikan kritik atau masukan terhadap pembahasan pasal demi pasal dalam suatu RUU. 

Indra menyebutkan, aspirasi bisa disampaikan melalui berbagai cara, di antaranya media massa dan surat elektronik (e-mail).

"Untuk surat elektronik atau e-mail, bisa dikirimkan langsung kepada komisi terkait yang membahas undang-undang tersebut. Alamat e-mail bisa diakses dari situs www.dpr.go.id, di kanal Legislasi. Aspirasi juga bisa disampaikan kepada Anggota Dewan di daerah pemilihan (dapil) masing-masing," ucap Indra.

Masyarakat juga bisa menyampaikan aspirasi melalui SMS ke 08119443344, www.dpr.go.id, dan aplikasi DPR Now. 

"Aplikasi ini sudah bisa didapatkan di App Store untuk sistem operasi iOS, dan Playstore untuk sistem operasi Android," kata dia.

Selain itu, Indra juga meminta dukungan kepada masyarakat agar anggota dewan dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik.

Dalam membahas suatu RUU, anggota dewan juga melaksanakan pembahasan dan rapat secara terbuka dan berkelanjutan tanpa mengenal waktu dan tenaga. Bahkan, beberapa rapat digelar hingga dini hari. Untuk itu, DPR RI selalu mengharapkan dukungan dari seluruh masyarakat dalam menjalankan berbagai fungsi dan tugasnya,” kata dia.



(ROS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id