Parpol Diimbau Selesaikan Silon sebelum Daftar Bacaleg ke KPU
Komisioner KPU, Ilham Saputra - Medcom.id/Siti Yona Hukmana.
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengimbau partai politik peserta Pemilu 2019 untuk menyelesaikan pendaftaran di Sistem Informasi Pencalonan (Silon) sebelum mendaftar secara resmi ke KPU. Silon disediakan untuk memudahkan proses pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg). 

"Silon ini kan penting agar kita verifikasinya mudah. Kita berharap partai agar menuntaskan silonnya terlebih dahulu," kata Komisioner KPU, Ilham Saputra, di Gedung KPU, Jakarta, Jumat, 13 Juli 2018. 

Ilham mengungkapkan, saat ini, hampir semua parpol sudah mengisi data dalam Silon. Data yang ada di Silon nantinya akan dicocokan dengan berkas fisik yang dibawa saat partai politik melakukan pendaftaran di KPU. 


Namun, hingga saat ini belum ada parpol yang datang ke KPU untuk melakukam pendaftaran bacaleg. Ilham kembali mengingatkan agar parpol tak melakukan pendaftaran di saat-saat terakhir. 

(Baca juga: KPU Sebut Anggaran Rp35 Miliar Buat Penguatan IT)

"Kalau waktunya mepet kita khawatir nanti terjadi persoalan ketika mereka tidak mampu memperbaiki hasil verifikasi jika ada kesalahan dan perbaikan sehingga nanti akhirnya jadi persoalan," tukas dia. 

KPU membuka pendaftaran untuk bakal calon anggota legislatif Pemilu 2019 sejak 4 Juli 2018 lalu. Pendaftaran akan ditutup pada 17 Juli mendatang. 

"Khusus tanggal 17 kita buka sampai pukul 23.59 WIB, hari terakhir ya. Tetapi sekali lagi, saya mengimbau kepada parpol agar tidak melakukan pendaftaran di hari terakhir karena kekhawatiran tadi," tandas dia. 






(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id