Ilustrasi pemungutan suara pemilu. Medcom.id
Ilustrasi pemungutan suara pemilu. Medcom.id

Penentuan Jadwal Pemilu Kewenangan Penuh KPU

Nasional jadwal pemilu kpu Tanggal Pencoblosan Pemilu 2024 Pemilu 2024
Anggi Tondi Martaon • 24 Oktober 2021 20:37
Jakarta: Tarik menarik antara pemerintah, DPR, dan penyelenggara pemilihan umum (pemilu) membuat penentuan jadwal pemungutan suara belum ditetapkan. Padahal, pihak yang berkuasa penuh menentukan pencoblosan adalah KPU.
 
"Ada tiga dasar hukum yang menegaskan KPU berwenang untuk menetapkan hari, tanggal, dan waktu pemungutan suara pemilu," kata peneliti Perludem Nurul Amalia Salabi dalam diskusi virtual, Minggu, 24 Oktober 2021.
 
Salah satu aturan yang memberikan kewenangan penentuan jadwal kepada KPU terdapat dalam Pasal 167 Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Penentuan jadwal dikeluarkan melalui keputusan KPU.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini kerangka hukum kemandirian KPU yang mungkin juga sudah mengetahui," ungkap dia.
 
Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 92 Tahun 2016 memperkuat kemandirian KPU dalam menentukan jadwal pencoblosan. Dalam putusan tersebut, konsultasi yang dilakukan KPU dalam menentukan waktu pemungutan suara bersama Komisi II dan pemerintah tidak bersifat mengikat.
 
Baca: KPU Ajukan Syarat Pencoblosan Pemilu 2024 pada 15 Mei
 
Dia menyampaikan ada sejumlah pertimbangan yang membuat aturan di Indonesia memberikan kuasa penuh kepada KPU menentukan jadwal pencoblosan pemilu. Salah satunya menjamin penyelenggaraan pesta demokrasi yang jujur dan adil.
 
"Serta tertib, profesional, dan prinsip-prinsip penyelenggaraan pemilu lainnya yang tertuang di Pasal 3 UU Nomor 7 Tahun 2017," ujar dia.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif