Wamendes Budi Arie Setiadi. Foto: MI/Ramdani
Wamendes Budi Arie Setiadi. Foto: MI/Ramdani

Jejak Budi Arie dari Relawan hingga Menghuni Kabinet

Nasional Kabinet Jokowi-Maruf
Medcom • 25 Oktober 2019 18:09
Jakarta: Ketua Umum Relawan Pro Jokowi (Projo) Budi Arie Setiadi menjadi penghuni baru Kabinet Indonesia Maju. Dia ditunjuk Presiden Joko Widodo untuk menjadi wakil menteri desa pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi (wamendes PDTT).
 
Budi dipasangkan dengan Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar. Keduanya bakal menjadi pembantu Presiden Jokowi dan Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin dalam memakmurkan desa di Tanah Air selama periode 2019-2024.
 
Dalam perjalanan hidupnya, Budi banyak memakan asam garam di dunia aktivis dan jurnalistik. Pria kelahiran Jakarta, 20 April 1969, itu sempat berkuliah di Departemen Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat berkampus, dia cukup aktif berorganisasi. Budi didapuk sebagai redaktur pelaksana (redpel) majalah kampusSuara Mahasiswa pada 1993-1994. Dia lalu menjadi ketua Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) FISIP UI 1994 dan Presidium Senat Mahasiswa UI 1994-1995.
 
Semasa gerakan reformasi pada 1998, bersama aktivis mahasiswa dan alumni, Budi membidani lahirnya Keluarga Besar (KB) UI. Di awal kariernya, Budi menjadi jurnalis Kontan dari 1996 hingga 2001.
 
Budi lalu memutuskan terjun ke politik dengan bergabung PDI Perjuangan. Dia menjadi kepala Badan Penelitian Dan Pengembangan (Balitbang) PDI Perjuangan DKI Jakarta dan wakil ketua DPD PDI Perjuangan DKI Jakarta pada 2005-2010.
 
Jelang masa Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014, dia mendirikan Projo untuk mendukung Gubernur DKI Jokowi menjadi calon presiden kala itu. Bersama Projo, dia juga menjadi motor relawan dalam kampanye Pilpres 2019. (Syahrum Latupono)
 

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif