Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengundang sekjen partai politik membahas UU Partai Politik hingga Pilkada Serentak 2020. Foto: Dokumentasi Kementerian Dalam Negeri
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengundang sekjen partai politik membahas UU Partai Politik hingga Pilkada Serentak 2020. Foto: Dokumentasi Kementerian Dalam Negeri

Menteri Tito dan Sekjen Partai Bahas Pilkada Serentak

Nasional Pemilu Serentak 2020
Nur Azizah • 08 Januari 2020 10:18
Jakarta: Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengundang seluruh sekretaris jenderal partai politik (Parpol). Banyak hal yang akan dibahas, antara lain Undang-Undang Parpol hingga Pilkada Serentak 2020.
 
"Tentu nanti pembicaraannya mengalir, tapi saya menduga paling ada tiga hal yang akan disinggung. Pertama, terkait dengan Undang-Undang Parpol," kata Sekjen Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani di Gedung Kementerian Dalam Negeri, Jakarta Pusat, Rabu, 8 Januari 2020.
 
Arsul menyebut undang-undang tersebut menyangkut peningkatan dana parpol. Peningkatan dana parpol ini sesuai rekomendasi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tapi, LIPI dan KPK juga merekomendasikan terkait transparansi pengelolaan parpol itu sendiri, terutama kalau dana parpolnya ditingkatkan," ungkap dia.
 
Wakil Ketua MPR ini memprediksi pertemuan akan membahas revisi UU Pemilu. Ia menduga Tito ingin mengetahui pendapat dari masing-masing partai.
 
"Saya kira kalau kita mulai dengan pembicaraan informal di antara para sekjen-sekjen yang punya fraksi di DPR ini akan lebih bagus, paling tidak kita bisa saling tahu posisi awal dari masing-masing partai terkait dengan perubahan UU Pemilu," ujar dia.
 
Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani, Sekjen PKB Hasanuddin Wahid, dan Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto sudah hadir dalam pertemuan ini. Sedangkan, Partai NasDem dan Partai Golkar diwakilkan wakil sekjen.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif