Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon. ANT/Hafidz Mubarak.
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon. ANT/Hafidz Mubarak.

Fadli Zon Pertanyakan Urgensi Pemindahan Ibu Kota

Nasional pemindahan ibukota Ibu Kota Baru
Faisal Abdalla • 04 September 2019 04:02
Jakarta: Wakil Ketua DPR Fadli Zon mempertanyakan urgensi rencana pemindahan ibu kota. Ia menilai Jakarta masih sanggup menopang aktivitas pemerintahan dan bisnis, dan pula Jakarta menyimpan memori histori perjalanan bangsa.
 
"Urgensinya apa? Ada apa dengan Jakarta? Jakarta menurut saya tak ada masalah," kata Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 3 September 2019.
 
Fadli menilai pemindahan ibu kota merupakan hal biasa dan sudah dilakukan oleh sejumlah negara di dunia. Catatan penting pemindahan ibu kotaharus didukung oleh aspek legalitas dan keadaan ekonomi yang memadai.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menyebut untuk memindahkan ibu kota, ada lebih dari lima Undang-undang yang harus direvisi. Selain itu, negara juga harus memiliki ekonomi yang prima untuk mendukung pemindahan ibu kota.
 
Fadli menilai kedua aspek itu belum dipenuhi pemerintah. Oleh karenanya, dia mengaggap pemindahan ibu kota belum perlu. Apalagi Jakarta masih sanggup menopang aktivitas pemerintahan.
 
Selain itu, Fadli juga mengkhawatirkan soal aspek sejarah Jakarta. Menurutnya, masyarakat memeliki memori kolektif lantaran banyaknya peristiwa penting terjadi di Jakarta.
 
"Bahwa di sinilah (Jakarta) tempat lahirnya Pancasila, disinilah Proklamasi, disinilah dibentuknya UUD 1945 begitu ini tercerabut akarnya pondasi kenegaraan kita termasuk Negara Kesatuan Republik Indonesia itu sedang dipertaruhkan," ujarnya.
 
Presiden mengumumkan sebagian kawasan Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kertanegara menjadi lokasi ibu kota baru. Wilayah ini dianggap minim risiko bencana, seperti banjir, gempa, tsunami, kebakaran hutan, gunung berapi, dan tanah longsor.
 
Selain itu, wilayah ini dinilai strategis karena berada di tengah Indonesia. Kawasan ini juga diapit perkotaan yang sedang berkembang, Balikpapan dan Samarinda. Sejumlah infrastruktur pendukung pun tersedia di wilayah tersebut.
 

(WHS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif