Putri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Yenny Wahid - Medcom.id/Nur Azizah.
Putri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Yenny Wahid - Medcom.id/Nur Azizah.

Jokowi Cari Menteri Gesit

Nasional kabinet jokowi presiden jokowi
Fachri Audhia Hafiez • 16 Agustus 2019 14:02
Jakarta: Putri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Yenny Wahid, mengungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih menyeleksi menteri Kabinet Kerja jilid II. Jokowi mencari menteri cekatan.
 
"Kalau mendengar apa yang beliau katakan sampai saat ini bahwa timnya akan muda, efisien, sepertinya beliau ingin orang-orang yang gesit untuk bekerja," kata Yenny di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat, 16 Agustus 2019.
 
Yenny menyebut dalam struktur kabinet yang utama bukan orang perorang, melainkan kesatuan kerja. Kabinet diharapkan menjadi tim yang mampu mengimplementasi dan mengartikulasi visi presiden lima tahun ke depan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini bicara mengenai bagaimana Indonesia bisa mencapai potensinya sebagai negara besar dan disegani di dunia dan bisa mencapai cita-citanya," ujar Yenny.
 
Direktur Wahid Foundation itu menilai komposisi menteri lebih banyak kalangan profesional menunjukkan Jokowi mendengarkan suara rakyat. Namun, komposisi tetap harus menyeimbangkan kondisi perpolitikan.
 
(Baca juga:Kriteria Menteri Jokowi)
 
"Kita hanya mendukung sepenuhnya yang didukung oleh presiden dan kita berharap tim presiden nanti bisa bekerja secara kolektif mewujudkan apa yang sudah diisyaratkan beliau," ujar Yenny.
 
Kabinet Jokowi- Ma'ruf Amin rampung disusun. Presiden Jokowi menyebut susunan kabinet bisa diumumkan dalam waktu dekat.
 
Jokowi mengatakan sebanyak 55 persen dari total penghuni kabinet berasal dari profesional. Sedangkan sisanya bakal diisi kader partai politik yang telah disepakati partai pendukung.
 
Jokowi memastikan ada beberapa kementerian baru di dalam kabinet. Beberapa kementerian juga akan dilebur jadi satu. Saat ini, Kabinet Kerja terdiri dari 34 kementerian.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif