Ketua DPR RI Bambang Soesatyo. (Foto: MI/Susanto)
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo. (Foto: MI/Susanto)

Bambang Soesatyo Sepakat Usia Kendaraan Dibatasi

Nasional polusi udara
Candra Yuri Nuralam • 04 Juli 2019 08:06
Jakarta: Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyetujui rencana Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membatasi usia kendaraan. Hal ini dinilai bisa mengurangi polusi udara dan kemacetan.
 
"Mendorong Kemenhub bersama produsen otomotif dan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) bersama-sama melakukan kajian secara yuridis dan sosiologis mendalam terkait rencana tersebut," kata Bamsoet di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 3 Juli 2019.
 
Bamsoet mengatakan saat ini pembatasan emisi maksimal dari knalpot kendaraan dibutuhkan. Emisi dari knalpot biasa diabaikan masyarakat lantaran belum adanya peraturan mengikat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia juga meminta Kemenhub terbuka dengan segala aspirasi dan pemikiran. Ia ingin segala opini tertampung sebagai opsi mencari cara mengurangi polusi.
 
"Agar aturan yang dibuat dapat diimplementasikan serta tidak memberatkan masyarakat," ujar eks Ketua Komisi III itu.
 
Baca juga:Greenpeace: Polusi Udara Jakarta Bukan Akibat Kemarau
 
Aturan pembatasan usia kendaraan juga perlu disosialisasikan sampai ke lapisan masyarakat paling bawah agar semua pihak dapat menyesuaikan diri. Bamsoet juga ingin Kemenhub melakukan uji emisi kendaraan bertahap laiknya operasi lalu lintas kepolisian.
 
"Uji emisi kendaraan secara berkala, baik untuk kendaraan umum maupun kendaraan pribadi, serta secara tegas melarang penggunaan kendaraan yang tidak sesuai dengan aturan pembatasan usia kendaraan," tutur Bamsoet.
 
Kemenhub juga diminta membenahi transportasi umum yang ada di seluruh daerah di Indonesia. Selain itu, fasilitas pejalan kaki dan spot pemberhentian kendaraan umum pun tidak boleh dilupakan.
 
"Sehingga masyarakat tidak segan untuk menggunakan angkutan umum ketika bepergian," ucap dia.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif