Politikus Partai NasDem Irma Suryani - Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
Politikus Partai NasDem Irma Suryani - Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez

Demokrat Diduga Mengincar Kursi Menteri

Nasional kabinet jokowi presiden jokowi
Arga sumantri • 13 Agustus 2019 14:48
Jakarta: Politikus Partai NasDem Irma Suryani menduga Partai Demokrat mengincar kursi kabinet di pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Demokrat berkeinginan merapat ke koalisi pemerintah.
 
"Sepertinya semua partai politik yang mau gabung ke pemerintah saat ini pasti punya keinginan joint di kabinet," kata Irma saat dihubungi, Selasa, 13 Agustus 2019.
 
Irma menilai wajar Demokrat ingin bergabung ke koalisi pemerintah. Bagi Irma, Demokrat bukan partai pengguna politik identitas yang habis-habisan menghantam Jokowi di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Makanya partai yang kemarin membumihanguskan Presiden dengan SARA, hoaks, dan fitnah, sebaiknya belajar konsisten saja dulu pada konsituen, agar tetap memiliki kehormatan di hadapan publik," ujarnya.
 
(Baca juga:Demokrat Dianggap Terlambat)
 
NasDem mengapresiasi keinginan Demokrat merapat ke pemerintah. Namun, keputusan tetap ada di tangan Presiden Jokowi.
 
"Keputusan menerima dalam Koalisi Indonesia Kerja atau tidak akan diputuskan oleh Presiden dengan pertimbangan partai-partai koalisi," ujarnya.
 
Wakil Ketua Umum Demokrat Syarief Hasan membantah partainya mengincar kursi kabinet. Demokrat memahami persoalan menteri adalah hak prerogatif presiden.
 
"Kami kan tidak pernah mengincar jatah kursi, kami tidak pernah minta kursi. Jadi kami jangan disamakan dengan partai lain," kata Syarief.
 
Syarief mengakui sebagian besar kader ingin Demokrat bergabung ke koalisi pemerintah. Namun, Demokrat belum mengeluarkan keputusan resmi dan menunggu hasil rapat majelis tinggi partai.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif