Pengamat politik Ray Rangkuti - Medcom.id/M Rodhi Aulia.
Pengamat politik Ray Rangkuti - Medcom.id/M Rodhi Aulia.

Pertemuan di Kantor NasDem Diprediksi Membahas Soal Gerindra

Nasional kabinet jokowi presiden jokowi
Arga sumantri • 23 Juli 2019 12:03
Jakarta: Pertemuan empat ketua umum partai politik pengusung Joko Widodo-Ma'ruf Amin diyakini bukan pertemuan biasa. Pertemuan yang melibatkan Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Golkar, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu dibaca membahas terkait kemungkinan Gerindra merapat.
 
"Empat partai di atas mulai menyusun sikap apakah akan menerima Gerindra atau sebaliknya menolaknya," kata pengamat politik Ray Rangkuti di Jakarta, Selasa, 23 Juli 2019.
 
Ray menuturkan pertemuan di Kantor DPP NasDem itu juga ingin menunjukkan kalau parpol pengusung Jokowi solid. Utamanya, partai politik dengan mengecualikan PDI Perjuangan dan partai-partai non parlemen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Soliditas ini dapat dimaknai sebagai blok sendiri dalam koalisi 01. Blok parlemen dipimpin NasDem dan blok non parlemen yang kiranya akan merapat ke PDI Perjuangan," ujarnya.
 
(Baca juga:Parpol Pendukung Jokowi-Ma’ruf Belum Berniat Lebarkan Koalisi)
 
NasDem sebagai tuan rumah lantaran dinilai lebih senior. Ketua Umum NasDem Surya Paloh adalah tokoh paling senior di antara tiga parpol lainnya dalam pertemuan itu.
 
Ray memprediksi tarik-menarik kekuatan blok parpol pengusung Jokowi akan menarik untuk dicermati di masa mendatang. Khususnya, terkait dua isu yang akan dihadapi.
 
"Yakni kemungkinan masuknya Gerindra ke dalam koalisi 01 dan siapa yang disiapkan untuk menjadi ketua MPR di antara mereka," ungkapnya.
 
Empat parpol pengusung Jokowi-Ma'ruf, NasDem, Golkar, PKB, dan PPP menggelar pertemuan di Kantor DPP NasDem kemarin malam. Pertemuan dihadiri para ketua umum empat parpol tersebut.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif