Presiden Joko Widodo di Istana Negara. Foto: MI/Panca Syurkani.
Presiden Joko Widodo di Istana Negara. Foto: MI/Panca Syurkani.

Serikat Petani Mengakui Kerja Jokowi

Nasional petani presiden jokowi
Arga sumantri • 25 Januari 2019 11:00
Jakarta: Presiden Joko Widodo dinilai punya perhatian khusus terhadap petani. Para petani kini tak lagi dianggap sebagai objek pelengkap.
 
Ketua Umum Serikat Petani Indonesia Henry Saragih menyatakan perhatian Jokowi terhadap petani sudah terlihat sebelum menjadi presiden. Setelah menjadi presiden, Jokowi juga tetap menunjukkan perhatiannya terhadap para pahlawan pangan.
 
"Pada tahun 2015, Jokowi meningkatkan anggaran Kementerian Oertanian hingga dua kali lipat," kata Henry di Jakarta, Jumat, 25 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, Jokowi selalu menekankan agar kebijakan anggaran itu harus dipastikan untuk kesejahteraan petani. Sikap ini dinilai sebagai wujud Jokowi memuliakan petani.
 
"Baru kali ini seorang presiden selalu menyebut dan memuliakan petani dalam tiap kesempatan," ujar dia.
 
Saat ini, kata Hendry, petani juga mendapatkan tempat dan perhatian khusus, serta menghapus stigma lama tentang profesi petani yang tidak memiliki masa depan. Hal ini penting agar petani lebih sejahtera dan memiliki kebanggaan terhadap profesinya.
 
Baca: Petani Apresiasi Kinerja Jokowi-JK
 
"Tidak hanya itu, program reforma agraria yang tengah berjalan meski menghadapi banyak tantangan, merupakan wujud nyata memuliakan petani agar memiliki tanah," papar dia.
 
Henry menambahkan berbagai program jaminan sosial seperti Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Keluarga Sejahtera, dan Kartu Indonesia Pintar (KIP), sangat meringankan keluarga petani untuk mengakses layanan kesehatan dan pendidikan. Ini bisa menjadi indikasi tambahan Jokowi memiliki perhatian khusus dan memuliakan petani.
 

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif